Mencicipi Singang Khas Sumbawa

By on October 11, 2013

Setiap daerah di Indonesia meiliki keunikannya sendiri. Tak hanya dari budaya, bahasa, dan objek wisatanya, tetapi juga dari segi kulinernya. Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki kuliner andalan yang dapat menarik wisatawan untuk mencicipinya. Kali ini, admin akan mengupas sedikit salah satu kuliner andalan dari Pulau Sumbawa.

Secara administratif, Pulau Sumbawa terletak di kabupaten Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat. Batas-batas wilayahnya adalah Laut Flores dan Teluk Saleh di utara, Kabupaten Dompu di timur, Samudra Hindia di barat serta Kabupaten Sumbawa Barat di barat. Pulau Sumbawa dikenal dengan potensi tambang dan peternakannya, terlebih lagi dengan kuda Sumbawanya. Dari beberapa kuliner dari Pulau Sumbawa yang paling dicari wisatawan, salah satunya adalah Singang.

singang2

Masakan tradisional berbahan dasar ikan segar yang dibumbui berbagai macam rempah-rempah tersebut sepintas mirip gulai ikan. Dengan kuahnya yang berwarna kuning, dengan dipadu warna hijau dari daun kemangi, serta warna merah  dari cabe rawit, membuat makanan ini terlihat segar yang membuat orang yang melihatnya semakin ingin mencicipinya. Dari segi rasanya, Singang terasa segar dengan rasa asam yang berasal dari asam jawa yang ada dikuahnya.

Untuk menikmati kuliner khas Sumbawa ini tidak sulit, karena hampir semua warung makan di Sumbawa menyediakan menu ini. Ikan yang digunakan untuk membuat Singang bisa ikan apa saja, namun akan lebih baik jika menggunakan ikan bandeng atau ikan kakap.

Untuk bumbu-bumbu yang dibutuhkan seperti cabe rawit, bawang putih & bawang merah, kemiri, kunyit untuk menghilangkan bau dan memberi warna masakan, serta sam jawa untuk memberi rasa segar pada kuahnya. Sebelum dimasak, ikan dipotong-potong sesuai selera. Selanjutnya bumbu-bumbu yang telah disebutkan tadi dihaluskan dan ditumis, setelah matang, masukan air asam jawa. Langkah selanjutnya adalah memasukan ikan dan dimasak hingga kuah mengetal. Setelah matang, masukan cabe rawit dan daun kemangi, masak sebentar, angkat, sajikan selagi panas dengan nasi putih.  (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: antaramataram.com; merdeka.com)