Mendoan, Olahan Tempe Khas Banyumas

By on November 25, 2013

Kalau anda sedang berkunjung ke daerah eks karesidenan Banyumas, ada satu makanan yang tak boleh anda lewatkan dan harus coba, Tempe Mendoan. Benar sekali, tempe, meski salah satu makanan favorit orang Indonesia ini sudah lazim ditemui dan dikonsumsi oleh orang Indonesia, tapi olahan khas dari Banyumas ini tetap harus dicoba. Anda akan menemukan hal yang berbeda dari olahan tempe yang satu ini.

Tempe Mendoan adalah terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung dengan menggunakan bumbu khas mendoan dan tidak lupa juga ditambahkan daun bawang sebagai pelengkap dalam adonannya. Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Akan tetapi tempe mendoan juga bisa dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis namun lebar.

Cara memasak mendoan juga tidak seperti menggoreng adonan tempe yang lain. Jika biasanya tempe tepung digoreng hingga kering dan kecoklatan, mendoan justru sebaliknya. Mendoan paling tepat digoreng setengah matang dengan adonan yang kelihatan masih agak putih dan agak berminyak. Seperti asal namanya sendiri ‘mendo’ yang berarti ‘matang basah’. Namun, kebanyakan di daerah lain selain Banyumas dan sekitarnya, mendoan sering disajikan kering, seperti tempe tepung biasa. Karena itu, ketika anda berkunjung ke Banyumas, jangan lupa sempatkan mencicpi asli Banyumas.

Untuk menikmati mendoan ini, tak perlu bingung untuk mencarinya, karena hampir semua tempat makan mulai dari restoran besar hingga warung kecil dipinggir jalan di kawasan Banyumas pasti menjual mendoan. Mendoan bisa dijadikan sebagai cemilan atau sebagai lauk yang dimakan dengan nasi. Mendoan paling cocok dinikmati selagi panas dengan sambal kecap atau cabe rawit. Sensasi gurih-hangat-panasnya mendoan dengan pedas manisnya sambal kecap tak akan terlupakan. Menu yang sederhana tapi nikmatnya sangat terasa. Harganya pun sangat bersahabat dengan kantong anda, dengan uang Rp. 5000,- anda bisa mendapatkan 2-3 potong mendoan hangat besar sekaligus dengan sambal kecap pelengkapnya. Selamat mencoba! (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: triptrus.com)