Mengejar Matahari di Puncak Bukit Sikunir

By on August 21, 2013

Seperti judul sebuah film, Mengejar Matahari, hal ini dirasa cocok menjadi tema liburan anda menuju bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah untuk menikmati persembahan alam yakni momen matahari terbit yang cantik nan eksotis. Bagi para traveller, Sikunir merupakan salah satu destinasi terbaik di nusantara untuk menyaksikan keindahan alam yang satu ini. Kalau memandang sunset lebih menawan saat di pantai, kalau memandang sunset, gunung dan bukit lah tempat yang tepat. Sikunir masih berada dalam satu kawasan wisata Dieng Plateu, Wonosobo, Jawa Tengah. Dari atas bukit Sikunir ini anda akan disuguhi pemandangan alam khas dataran tinggi yang asri, kalau kemari di pagi buta untuk menunggu sunset, pemandangan yang anda lihat semakin sempurna sebab kabut tipis perlahan turun dan menghilang bersamaan dengan naiknya sang surya diantara gumpalan-gumapalan awan putih, selain itu anda akan mendapat bonus, melihat cantiknya danau Cebong dari atas bukit. Pemandangan yang anda lihat tidak hanya menawan tapi sempurna!

sikunir8

Bukit Sikunir mencapai ketinggian hingga 2.500 mdpl, udaranya dingin menusuk tulang kalau di pagi hari, maka jangan lupa perhatikan kostum anda jangan sampai salah ya..gunakanlah jaket tebal, syal, topi, sepatu yang nyaman dan kaus kaki tebal. Jika anda berkendara baiknya harus berhati-hati karena jalanan yang harus anda tempuh menanjak, berkelok-kelok, dan ada beberapa rute jalan yang kondisinya kurang baik., satu hal lagi yang harus anda perhatikan tentu saja faktor cuaca, bila kemari baiknya tidak saat musim hujan, selain agar jalanan tidak begitu licin, pemandangan yang akan anda lihat nanti akan lebih sempurna jika dilihat ketika musim kemarau atau langit cerah. Untuk sampai lokasi bukit tidaklah sulit karena banyak papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan anda sampai ke desa terdekat dari kaki bukit Sikunir. Dari tempat anda memarkir kendaraan, anda harus berjalan mendaki bukit sepanjang kira-kira 200 meter atau 30 menit/lebih untuk mendapatkan view terbaik menatap indahnya sunset. Dalam perjalanan pendakian harus berhati-hati, karena suasana bukit dan sekitarnya masih gelap dan kontur jalannya cukup terjal.

dieng

Jangan kuatir, banyak penginapan tersedia tidak jauh dari lokasi bukit, namun baiknya anda memang membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena tidak ada transportasi khusus yang akan mengantar anda hingga ke kawasan pemberhentian terakhir sebelu pendakian. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: tour-ofjava.blogspot.com; pengenliburan.com; nonikhairani.wordpress.com)