Menghabiskan Waktu Libur Anda di Taman Margasatwa Ragunan

By on August 21, 2013

Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu kebun binatang yang populer dari sekian banyak kebun binatang di Indonesia. Kebun binatang yang didirikan tahun 1864 dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang menjabat saat itu di tahun 1966 ini berlokasi di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan diatas tanah seluas 140 hektar, dengan banyak koleksi hewan yang mendiaminya terdiri dari 295 spesies uga 4040 spesimen. Pada tahun 2005 Ragunan sempat ditutup dan diisolasi karena sebagian hewan yang ada di dalamnya terjangkit virus flu burung, namun tidak berapa lama, kebun binatang yang awalnya bernama “Planten En Dierentuin” (Tanaman dan Kebun Binatang) ini kembali beroperasi. Hingga kini Ragunan masih diminati masyarakat khususnya masyarakat ibukota sebagai tempat rekreasi yang direkomendasikan karena selain cocok untuk melepas penat juga  memiliki nilai edukasi.

taman-margasatwa-ragunan-andalan-rekreasi-keluarga-jabodetabek3

Taman Margasatwa Ragunan amat sangat mudah dicapai khususnya bagi anda yang berencana kemari menggunakan transportasi umum seperti bus, angkutan kota maupun bus Transjakarta, untuk anda yang membawa kendaraan pribadi pun tersedia area parkir yang luas dan sangat memadai. Berlibur di Ragunan selain melihat binatang yang ada di dalamnya, kawasan Ragunan sendiri dibuat sedimikian asri dengan banyak tumbuhan, bunga-bungaan, dan pepohonan rindang sehingga tidak heran suasana kawasan Ragunan terbilang sejuk untuk kota Jakarta yang tingkat polusinya tinggi, tidak heran banyak keluarga yang memilihi berpiknik ria di kawasan Ragunan. Koleksi Ragunan meliputi bermacam-macam spesies mulai dari unggas, mamalia, reptil, primata, dan banyak lagi lainnya, khusus untuk spesies primata,Taman Margasatwa Ragunan punya tempat khusus yang namanya Pusat Primata Schmutzer yang berfungsi sebagai pusat pelestarian, pemeliharaan dan pengembangbiakkan primata terbesar. Untuk memasuki Pusat Primata Schumtzer anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 5000,-/orang kemudian anda bisa melihat orangutan, simpanse, gorila, dll yang terawat. Di setiap akhir pekan, pengunjung akan dihibur dengan berbagai atraksi binatang lucu-lucu dan unik.

ragunan_new_bjcom

Bila anda lelah berjalan kaki menyusuri sepanjang area kebun binatang ini, anda bisa naik kereta wisata yang ada dengan biaya kisaran Rp. 7000 – 10.000,- / orang, pengelola kebun binatang juga menyewakan sepeda dengan biaya sekitar Rp. 15.000,-/jamnya. Fasilitas Ragunan pun terbilang lengkap mulai dari toilet, musholla, dan food court. Diharapkan sebagai pengunjung kita sadar lingkungan untuk tidak mengotori kawasan kebun binatang dengan membuang sampah bekas makanan / minuman serta sampah plastik di tempat sampah yang sudah disediakan.Tidak lupa pula, Ragunan adalah tempat yang asyik untuk berfoto, jadi jangan lupakan kamera anda ya..

70359407

Anda bisa mengunjungi Ragunan yang buka sejak pukul 09.00-17.00 WIB, tarif masuknya relatif terjangkau, berkisar antara Rp. 5000 – 10.000,- saja. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto:tourismnews.co.id; beritajakarta.com; panoramio.com; jakarta.go.id)