Menikmati Nutrisi Ikan Lewat Lezatnya Pendap

By on October 10, 2013

Daerah-daerah di Sumatra bagian selatan terkenal dengan hasil ikannya yang melimpah, tidak terkecuali daerah sekitar Bengkulu. Salah satu hasil olahan ikan yang paling dicari para wisatawan saat berkunjung ke Bengkulu adalah Pendap.

Pendap merupakan salah satu makanan khas dari Bengkulu yang paling dikenal oleh masyarakat. Terlebih lagi pada tahun 1990an, makanan ini pernah menjadi salah satu tema lagu daerah di Bengkulu. Pendap sendiri memiliki rasa yang pedas dan gurih sehingga sangat cocok dijadikan teman makan nasi. Banyak perantau dari Bengkulu yang menjadikan Pendap sebagai oleh-oleh ketika kembali ke tempat perantauan mereka.

Pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian, bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda. Bumbu yang bercampur dengan parutan kelapa muda selanjutnya dibungkus daun talas, dimasukkan sepotong ikan, lalu direbus selama 8 jam.

Jenis ikan yang digunakan bervariasi seperti ikan kakap, gumuru, terusan, jenihin, gebur dll. Pembungkusan juga mempunyai trik khusus, yaitu 3 lapis dan bersilang sehingga ketika direbus air tidak masuk ke pendap. Sebagai tambahan, pendap juga bisa dimasak di dalam bambu seperti pada pembuatan lemang. Jadi tidak pakai daun talas. Pendap juga bisa dimasak seperti membuat pepes ikan.

pendap2

Biasanya satu porsi Pendap dibandrol dengan harga Rp. 10.000,- dengan kualitas yang standar dan Rp. 15.000,- untuk kualitas yang terbaik. Pendap meskipun bukan tergolong makanan kering, bisa bertahan lama asal dikemas dengan baik.  Jadi ketika anda berkunjung ke Bengkulu, jangan lupa untuk membeli Pendap sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara anda di rumah ya. (Hikari/Ensiklopediaindonesia.com) (Foto: kuliner.grosirkeripik.com; food.ghiboo.com)