Menyaksikan Kekayaan Bahari Nusantara di Museum Bahari

By on August 24, 2013

Sesekali kunjungi tempat rekreasi yang tidak hanya bisa berfungsi melepas penat anda, tapi juga bisa menambah pengetahuan anda, ya..museum adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan dua hal tersebut sekaligus. Di ibukota Jakarta, tepatnya di kawasan pelabuhan Sunda Kelapa bisa anda datangi yakni Museum Bahari atau Museum Maritim dimana museum tersebut punya koleksi berupa berbagai benda peninggalan sejarah khususnya benda peninggalan VOC Belanda di masa lalu, peninggalan-peninggalan tersebut ada yang berupa replika, lukisan, foto, serta yang menarik adalah berbagai model perahu tradisiona berikut alat navigasi jaman dulu dan banyak benda-benda lainnya yang berhubungan dengan kelautan atau potensi bahari Indonesia. Dengan mengunjungi museum ini anda akan mendapat gambaran mengenai tradisi dan kehidupan nenek moyang bangsa kita, kita juga dapat melihat betapa pentingnya laut bagi perekonomian masyarakat kita khususnya di masa dulu, hingga sekarang ini.

Museum Bahari - Jakarta (Indonesia)

Koleksi museum lainnya ada berbagai macam model kapal yang kerap digunakan untuk menangkap ikan, mesin uap, juga kapal Pinisi kapal khas milik suku Bugis Sulawesi Selatan yang kini menjadi salah satu kapal layar terkenal hingga tingkat dunia.

Untuk mengunjungi museum ini tiket masuk yang harus anda bayar cukup terjangkau, hanya berkisar Rp. 3000 – 5000,-/orang. Buka setiap Selasa – Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB, khusus hari Senin dan Libur Nasional tutup. Ohya, jangan lupa untuk melihat koleksi lainnya berupa biota laut, ikan di perairan Indonesia, teknologi yang menampilkan cara membuat perahu tradisional, juga adat istiadat masyarakat nelayan di Indonesia,

Pamer_Museum_Bahari

hingga ada pula matra TNI Angkatan, kartografi, Onrust, tokoh-tokoh kepahlawanan kerajaan maritim Nusantara, semua ditampilkan jelas di Museum Bahari. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: indonesia.travel; flickriver.com)