Mie Ongklok, Semangkok Kehangatan di Tengah Dinginnya Wonosobo

By on September 26, 2015

mie ongklok

Jika mengunjungi kota atau daerah lain, jangan ketinggalan untuk mencari produk khasnya, bisa cinderamata atau souvenir, yang lebih penting lagi yaitu kuliner khasnya. Seperti kebanyakan daerah lain, Wonosobo jawa Tengah terkenal akan mie ongkloknya, kalau kebetulan anda berlibur ke Dieng, jangan lupa cicipi kuliner yang satu ini ya. Karena makanan ini banyak ditemukan dimana mana jika anda berkunjung ke daerah Wonosobo. Kabupaten Wonosobo sendiri terkenal dengan daerah yang sejuk karena diapit oleh gunung dan perbukitan. Jadi sangat cocok jika anda makan mie ongklok disaat butuh yang hangat-hangat.

Mie Ongklok Khas dari Wonosobo

Mie Ongklok sudah sangat terkenal di wilayah Dieng, Wonosobo dan sekitarnya, rasanya yang sedap dan penyajiannya yang unik membuat wisatawan pun ikut senang menikmati makanan ini. Mie Ongklok merupakan jenis mie rebus, dibuat dengan racikan khusus, bahan-bahannya meliputi potongan daun kucai, kol, dan yang membuatnya beda dari mie kebanyakan adalah kuahnya yang kental gurih dan berkanji.

Mie Ongklok

Sumber: www.putrinyanormal.com

Ongklok sendiri adalah nama alat yang dipakai untuk merebus mie, bentuknya seperti gayung dan terbuat dari bambu yang dianyam. Biasanya mie ongklok dinikmati bersama tempe kemul, sate, ataupun keripik tahu / tempe. Semangkuk Mie Ongklok memang pilihan yang tepat untuk dinikmati di daerah Dieng, Wonosobo yang dingin, rasa gurih mie berpadu kubis yang memiliki sedikit sensasi rasa manis ini ehmmm..nikmat, apalagi jika dibubuhi sedikit sambal agar rasanya lebih kaya dengan tambahan rasa pedas, enak!

Jadi tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke daerah Wonosobo bisa mampir ke warung makan dan mencoba mencicipi hidangan khas dari Wonosobo, Mie Ongklok. Bagi anda penggila mie mungkin ini bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati mie dalam kuah yang berbeda karena kuah disini terlihat karena terbuat dengan pati kanji. Ternyata yang membuat kuah Mie Ongklok ini terasa nikmat adalah karena terbuat dari campuran saripati singkong sebagai campuran kuahnya, gula merah dan udang kering, yang disempurnakan dengan bumbu kacang, juga taburan lada dan bawang goreng.

diatas juga disebutkan penggunaan makanan pendamping berupa sate sapi, tempe kemul dan keripik tahu/tempe. Disini kita melihat adanya sate sapi. kenapa daging sapi? karena daging sapi konon katanya adalah daging yang cocok untuk disajikan dengan mie ongklok ini. So tunggu apa lagi segera wisata kuliner mencicipi mie ongkok khas Wonosobo.