Monumen Nani Wartabone, Sang Pahlawan dari Tanah Gorontalo

By on April 20, 2013

Monumen yang berdiri tepat didepan rumah Dinas Gubernur Propinsi Gorontalo adalah Monumen Nani Wartabone. Monumen yang dibangun sekitar tahun 1987 pada masa pemerintahan Bapak Drs. A. Nadjamudin sebagai Walikotamadya Gorontalo sengaja dibangun untuk mengenang jasa seorang pahlawan nasional Nani Wartabone.

Banyak yang tidak menyangka, tiga tahun sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu, ribuan kilo jauhnya dari Jakarta, di Kota Gorontalo telah diproklamirkan kemerdekaan lepas dari belenggu penjajahan Belanda. Tentu bukan oleh Soekarno dan Hatta, melainkan oleh Nani Wartabone, seorang patriot pejuang kelahiran Kampung Suwawa, Gorontalo.

Nani Wartabone adalah putera asli Daerah Gorontalo, yang telah banyak mengabdikan diri sebagai pejuang bangsa dan negara dalam melawan penjajah. Gerakan patriotisme Rakyat Gorontalo dibawah pimpinan Nani Wartabone, merupakan suatu gerakan yang panjang waktunya melalui kurun waktu dan berbagai macam siasat dan strategi perjuangan, baik yang bersifat legal maupun ilegal.

Seluruh perjuangan rakyat Gorontalo akhirnya mencapai klimasnya pada tanggal 23 Januari 1942, suatu peristiwa heroid yang berhasil menggulingkan Pemerintah Kolonial Belanda, dan berhasil mendirikan Pemerintahan yang merdeka.

Monemen Nani Wartabone dibangun untuk mengingatkan kepada masyarakat Gorontalo akan peristiwa bersejarah 23 Januari 1942, dan diharapkan agar bibit buah hasil perjuangan itu akan tumbuh pada jiwa generasi sesudahnya untuk membangun Indonesia tercinta ini dalam mengisi kemerdekaan. (Hikari/inloveindonesia.com)