Museum Geologi Bandung, Museum Sarat Akan Ilmu Pengetahuan

By on September 4, 2013

Museum sebenarnya bukan hanya tempat rekreasi biasa, di museum selain bisa menambah ilmu pengetahuan karena rata-rata museum memang punya muatan edukasi tinggi juga mampu membuang penat jiwa raga. Hampir di tiap kota besar di Indonesia punya museum sendiri, di Bandun Jawa Barat yang paling populer adalah Museum Geologi. Museum ini dibangun tanggal 16 Mei 1928, sempat mengalami renovasi namun kemudian beroperasi kembali tahun 2000. Sebagai salah satu museum yang punya nilai sejarah, tak heran bila museum ini berada di bawah perlindungan pemerintah. Museum Geologi punya koleksi seperti materi-materi geologi yang berlimpah semacam fosil, batuan, mineral yang kesemuanya itu dikumpulkan sejak tahun 1850.

Awal pembangunannya, gedung ini dirancang oleh seorang arsitektur bernama Ir. Menalda van Schouwenburg, dengan mengangkat gaya Art Deco museum ini dikerjakan oleh kurang lebih 300 pekerja selama hampir satu tahun lamanya, serta memakan biaya hingga 400 Gulden dan resmi dibuka tahun 16 Mei 1929.

gajah

Sebelum sepenuhnya milik pemerintah Indonesia, gedung ini sempat jatuh dan dibawah pemerintahan Jepang, beberapa kali terbilang gedung ini berpindah-pindah tangan dari Belanda – Jepang – Indonesia sampai akhirnya jadi milik Indonesia sepenuhnya hingga saat ini. Tercatat pada tahun 1999 Museum Geologi Bandung mendapat kiriman bantuan dari pemerintah Jepang melalui JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk biaya renovasi. Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan tempat alternatif belajar bagi pelajar dan mahasiswa khususnya untuk menambah pengetahuan perihal bidang geologi, anda bisa belajar ilmu kebumian dengan beragam peraga yang memudahkan anda untuk lebih memahami sebuah teori. Museum Geologi terdiri dari dua lantai dengan beberapa ruang pamer, anda bisa melihat peta geografis wilayah Indonesia dalam bentuk relief layar lebar dan disuguhkan dalam bentuk animasi yang menarik. Ada juga berbagai maket geologi, beragam jenis bebatuan, sumber daya mineral, replika fosil T-Rex, replika tengkorak manusia purba dan lain-lain. Di lantai 2 anda bisa melihat peragaan geologi kehidupan manusia, disini anda juga bisa mendapatkan info mengenai aspek positif negatif tataan geologi bagi kemaslahatan hidup manusia di bumi. Banyak teknologi batu yangs eru di lantai 2 yang pasti akan disukai anak-anak karena banyak alat yang interaktif sehingga mudah bagi anak-anak untuk mendapatkan info yang dibutuhkan.

17

Kunjungi Museum Geologi yang punya koleksi unik meraik ini setiap senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, khusus hari Jumat dan hari libur nasional museum tutup untuk umum. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: ilhamrsd.wordpress.com; mediatransformasi..wordpress.com; ketikasayangalorngidul.blogspot.com)