Objek Wisata Ketep Pass, Memandang Indahnya Gunung Merapi dan Merbabu Sekaligus.

By on July 31, 2013

Objek wisata yang satu ini berada di Desa Ketep, Sawangan, Magelang – Jawa Tengah sekitar 30 km dari objek wisata Candi Borobudur. Tempat rekreasi yang diresmikan oleh ibu  Megawati Soekarnoputri tahun 2002 ini berada di puncak Bukit Sawangan yang mana secara geografis letaknya berada ditengah-tengah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Saat anda menempuh perjalanan menuju Ketep Pass, anda akan disuguhi pemandangan khas pedesaan dengan jajaran pohon rindang, jalanan menanjak, serta hamparan sawah di kanan kiri, kondisi jalan cukup baik sudah beraspal, ada beberapa kerusakan namun tidak dominan, ada juga papan penunjuk jalan yang akan memudahkan anda, ditambah harga tiket masuk yang relatif terjangkau membuat Ketep Pass tidak hanya sekedar tempat hiburan tapi juga punya nilai edukasi.

Sesampainya di lokasi, anda akan dengan mudah menemukan area parkir yang memang sudah terorganisir dengan baik serta memiliki kapasitas cukup besar,

2742799

sesudah itu silakan mengeksplor kawasan wisata ini. Ketep Pass punya fasilitas yang lengkap seperti musholla dan toilet, ada pula yang bermuatan edukasi yakni Ketep Vulcano Thetaer dan Ketep Vulcano Center, anda bisa melihat koleksi berupa material gunung, galeri lukisan, film-film dokumenter, serta replika gunung-gung di Indonesia, jangan lewatkan untuk menyaksikan pula film dokumenter meletusnya gunung berapi yang tentu bisa menambah wawasan dan anda. Ada pula Pelataran Panca Arga, yang jadi favorit pengunjung, ini merupakan lokasi tertinggi dari titik bukit Ketep Pass, pemandangan akan sangat jelas meluas dilihat dari sini, tersedia teropong untuk semakin memudahkan jarak pandang anda. Sama seperti Pelataran Panca Arga, ada pula lokasi Gardu Pandang dengan tatanan taman yang rapi, terdapat beberapa gazebo untuk kenyamanan pengunjung, serta pohon-pohon pinus membentang yang segar dipandang mata, karena daerah dataran tinggi tidak heran bila hawa di Ketep Pass sejuk bahkan cenderung dingin, jangan lupa memakai jaket tebal, sepatu nyaman tertutup dan penutup kepala bila perlu.

ketep

Ada beberapa permainan yang disediakan untuk pengunjung anak-anak, selain itu dari sini anda bisa memuaskan hobi fotografi anda dengan puas karena banyak objek menarik yang bisa anda abadikan dalam kamera anda. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: panoramio.com; oladoo.com; griyatetirah.com)