Objek Wisata Unik Goa Maharani Lamongan

By on September 28, 2013

Selain Wisata Bahari Lamongan yang populer, kalau ke Lamongan – Jawa Timur luangkan waktu untuk mengunjungi juga Goa Maharani yang unik. Goa yang juga disebut Goa Istana Maharani ini ditemukan oleh seorang penggali tanah coral bahan phosphat dan pupuk dolomit yakni Sugeng dan kawan-kawan dengan mandor Nyoto tahun 1992 lalu. Kawasan ini memiliki kedalaman 25 m dengan luas sekitar 2.500 m2, konon kabarnya nama Maharani muncul berdasarkan mimpi istri si mandor, malam sebelum ditemukannya goa, sang istri melihat cahaya penuh bunga-bunga yang amat indah dan dijaga oleh 2 ekor naga raksasa bermahkota. Letak objek wisata ini berada di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tidak jauh dari Tanjung Kodok dan Wisata Bahari Lamongan. Kemudian setelah penemuan goa tersebut, diresmikanlah objek wisata Goa Maharani ini pada Maret 1994. Goa ini punya pesona yang memukau, keistimawaannya adalah stalaktit dan stalagmit dalam goa yang masih bisa tumbuh tiap 10 tahun meski hanya sepanjang 1 cm, bila terkena bias cahaya, stalaktit dan stalagmit itu akan memancarkan pendar cahaya yang cantik. Selain itu bentuknya yang unik jadi magent tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung, bentuk-bentuk stalaktit dan stalagmitnya menyerupai bentuk singgasana raja, tumbuhan juga hewan, dan banyak lagi bentuk-bentuk unik lainnya yang bisa anda lihat disana termasuk bentuk organ tubuh manusia juga ada, anda akan dibuat takjub dengan kebesaran Tuhan yang satu ini.

Maharani Zoo & Goa1

Luar biasa…keren. Anda hanya harus menyusuri bagian dalam goa yang sudah dikondisikan seaman dan senyaman mungkin bagi pengunjung dengan pengaman pagar besi di kiri kanan serta penerangan yang cukup, disesuaikan dengan bagian dalam goa.

 Daya tarik objek wisata Goa Maharani selain hal-hal indah tersebut diatas adalah cerita mitos yang mengiringinya, mau tak mau kenyataannya dengan adanya cerita mitos yang berkembang di masyarakat ini makin membuat penasaran sehingga menarik minat wisatawan lebih besar. Mitos yang beredar menyebutkan sesosok perempuan bernama Roro Ayu Mantili, yang diketahui sebagai putri kerajaan Madangkara sering menampakkan diri di area Goa, selain itu di dalam area goa bagian tengah juga terdapat sumur yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Goa Maharani boleh dikunjungi untuk umum, harga tiket masuk relatif terjangkau, hanya berkisar Rp. 25.000,- saja.

goa maharani

Asyiknya lagi dengan membayar tiket tersebut pengunjung tidak hanya bisa menikmati Goa Maharani yang eksotis itu tapi juga boleh masuk ke Maharani Zoo yang berada dalam satu wilayah. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: putrynov.blogspot.com; jelajin.blogspot.com; igosok.com)