Pantai Balekambang, Wisata “Tanah Lot”-nya Jawa Timur

By on September 20, 2013

Pantai Balekambang punya pesona wisata bagai Tanah Lot di Pulau Bali. Objek wisata yang berada di sebelah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur ini punya pemandangan cantik yang agak tersembunyi, tentunya Pantai Balekambang bisa menjadi destinasi berlibur selain ke Kota Wisata Batu, pantainya tidak memiliki banyak batu karang. Pantai indah ini letaknya berada di Desa Srigoco, Kecamatan Batur, kalau dari pusat kota Malang, kira-kira jaraknya 70 km atau butuh waktu 2,5 jam. Akses menuju objek wisata terbiang mudah karena banyak papan penunjuk yang akan memudahkan pencarian anda. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam serba hijau, perbukitan, anak-anakan gunung, perkebunan dan lebatnya pepohonan hutan. Dalam membawa kencadaraan harus berhati-hati karena kontur jalanan yang naik turun dan berkelok serta kerusakan di beberapa bagian, biaya retribusi masuk wilayah pantai harganya berkisar Rp. 15.000,- / orang.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain panjang pantainya yang mecapai hingga sekitar 2 km , terdapat sebuah Pura megah yang terletak di Pulau Ismoyo.

Pantai Balekambang - Gallery (4)

Ciri khas Pantai Balekambang diantaranya adalah eksistensi tiga pulau batu yang dinamai seperti nama tokoh pewayangan yakni Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo. Untuk mencapai Pulau Ismoyo tidak perlu repot karena tersedia jembatan beton sepanjang 100 m untuk bisa mendekati bangunan Pura, namun sebagai bangunan suci bagi umat Hindu, bagi kaum perempuan yang sednag datang bulan diharapkan pengertiannya untuk tidak memasuki kawasan Pura. Pura Ismoyo ini aslinya bernama Pura Amerta Jati, dibangun sekitar tahun 1985 oleh Bupati Malang kala itu, Bapak Edi Slamet, bentuknya mengikuti bangunan Pura yang ada di pulau Bali serta difungsikan sebagai tempat dilaksanakannya ritual keagamaan bagi mereka penganut agama Hindu. Tak heran jika di waktu-waktu tertentu yang mana berkaitan penting dengan perayaan keagamaan umat Hindu pura ini digunakan untuk menjalani ritual Jalani Dihpuja dengan puncak acara melarung persembahan bagi para dewa ke laut, menarik bukan ? apalagi bangunan Pura dikunjungi saat dekat mmen matahari terbenam, kesan syahdu amat terasa, keindahan alam berpadu sakralnya tempat ibadah yang punya bentuk khas, membuat takjub mata memandang. Untuk menikmati sekaligus suguhan wisata alam berpadu wisata budaya dan religi baiknya anda datang sebelum Perayaan Nyepi tiba.

Meski lolasinya terbilang cukup terpencil, Pantai Balekambang punya fasilitas lengkap yang dibutuhkan para wisatawan.mulai dari tempat mengisi perut berupa kios-kios atau rumah makan maupun resto, kamar mandi umum, musholla, tempat parkir, toko souvenir sampai penginapan atau hotel yang memadai.

JembatanPura2

Adapun beberapa hotel yang bisa jadi pilihan ada The Graha Cakra Malang, Hotel Santika Malang, atau Purnama Hotel, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda, penginapan dengan sederhana juga ada, tarifnya nerkisar mulai dari Rp. 150.000,-. Puaskan diri anda dengan bermain pasir di pinggir pantai, berfoto dan menyalurkan hobi fotgrafi anda, bersantai, berenang-renang di tepian asal jangan terlalu ke tengah atau sampai melewati batas aman yang ditandai dengan bendera berwarna merah. Sekitar kawasan pantai banyak ditumbuhi pepohonan rindang, membuat suasana makin terasa “santai kayak di pantai”. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: sukasuka31.blogspot.com; malangkab.go.id; indonesia.travel)