Pantai Bandengan Jepara, Pantai Andalan yang Selalu Ramai Pengunjung

By on August 22, 2013

Memang rasanya tidak ada bosan-bosannya berlibur menikmati pesona wisata bahari, apalagi Indonesia sendiri punya potensi pantai tersebar merata hampir di seluruh wilayahnya, jika kebetulan anda sedang berada di kota Jepara, maka jangan lupa sempatkan untuk menikmati Pantai Tirta Samudera atau juga dikenal dengan nama Pantai Bandengan. Lokasinya tidak begitu jauh dari kota Semarang, jaraknya berkisar 7 km dari pusat kota Jepara tepat di Desa bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai Bandengan dikelola dengan baik karena diurus  dan menjadi tanggung jawab pemerintah setempat yang memang berwenang supaya bisa menjadi tempat wisata yang bisa menjadi sumber otonomi daerah yang bersangkutan. Daya tariknya selain dari panoramanya yang indah, airnya yang jernih, kontur pasir dan tanahnya yang landai serta fasilitasnya yang lengkaplah membuat siapapun akan merasa senang dan nyaman singgah kemari.

pantai11

Bersantai sambil memandangi indahnya laut lepas di Pantai Bandengan memang menjadi aktifitas menarik, namun jangan lewatkan kegiatan seru lainnya, anda bisa bermain voli bersama teman-teman maupun keluarga anda didukung kontur tanah yang landai, air lautnya yang jernih membuat anda nyaman berenang atau bermain air di sepanjang bibir pantai. Selain itu anda juga bisa bermain jetski, banana boat, kano dan kapal wisata yang tersedia di kawasan pantai. Jangan lupa perhatikan hal-hal berikut misalnya jangan berenang terlalu dalam, juga jangan mengotori area pantai, buanglah sampah pada tempatnya. Jika anda berniat bermalam, di sekitar pantai sudah terdapat vila dan aneka jenis penginapan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak jarang pihak pengelola / manajemen pantai Bandengan mengadakan festival layang-layang atau motocross, tidak heran bila pantai semakin penuh lebih dari waktu-waktu biasanya. Baiknya anda menyiapkan budget khusus selain tarif masuk yang relatif terjangkau, karena sayang bila anda tidak menikmati wahana yang tersedia yang tersedia meski harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar tiket masing-masing wahana seperti misal anda wajib membayar Rp. 30.000,- untuk naik banana boat atau ATV mini sebesar Rp. 20.000,- / 30 menit,

Pantai-Bandengan-2

hal tersebut berlaku untuk wahana-wahana lainnya. Setelah seharian di pantai, jangan lupa untuk sempatkan untuk menikmati pesona sunset atau momen matahari tenggelam yang eksotis. (Arisca Meir/inloveindonesia) (Foto: pantaibandengan.wordpress.com; nenguwie.wordpress.com; panduanwisata.com)