Pantai Karang Nini, Potensi Tersembunyi Dekat Pangandaran, Jawa Barat

By on September 21, 2013

Keindahan pesona Pantai Karang Nini bisa diadu deh, objek wisata yang dikelola Perum Perhutani ini punya bentang alam yang memukau dan masuk ke dalam salah satu tujuan wisata di Jawa Barat. Lokasinya berada di balik hutan jati, kalau dari Kota Ciamis jaraknya kira-kira 83 km ke arah Selatan. Pantai Karang Nini letaknya di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucung, 10 km sebelum Pantai Pangandaran. Kawasan pantai bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, jalan masuk dari gapura kampung berkiar 2 km jauhnya. Anda akan dibuai kesejukkan hutan jati dan suara-suara alam yang alami akan menyapa telinga anda, dari kejauhan pesona pantai sudah bisa dilihat dengan berlatar belakang Sagara Anakan.  Diberi Nama Pantai Karang Nini karena di perairan lautnya terdapat sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai postur tubuh seorang nenek yang dalam bahasa Sunda disebut nini. Masyarakat setempat juga mempercayai sebuah legenda mengenai seorang nenek yang setia menunggu suaminnya melaut hingga akhirnya ia berubah menjadi batu karena termakan waktu selama menunggu namun sang suami tak kunjung kembali. Cerita rakyat ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang makin menarik minat pengunjung.

29859705

Disini anda akan disuguhi pemandangan indah perpaduan hutan lebat dengan hamparan pantai yang bersih dengan air laut biru cerah bersama alunan ombaknya, makin membuat siapapun yang memandanganya akan terkagum-kagum akan ciptaan Tuhan yang satu ini, selain keindahan Pantai Karang Nini pun menawarkan ketenangan yang akan membuat anda nyaman melepas penat di objek wisata pantai yang satu ini, dikelilingi perbukitan dan jauh dari hiruk pikik keramaian, Pantai Karang Nini betul-betul destinasi asyik untuk membuang beban pekerjaan yang sudah anda tenggung sehari-hari. Terdapat spot gardu pandang untuk anda yang ingin menikmati pemandangan secara luas, namun bersantai di tepian pantai, berenang-renang di pinggirannya sambil bermain ombak yang melebur bersama pasirnya yang putih juga seru kok. Disana ada fasilitas jogging track yang bisa anda coba sambil menikmati suasana alam sekitar, selain itu terdapat sejumlah pilihan kegiatan menarik lainnya seperti flying fox atau outbond tak jauh dari kawasan pantai, bagi anda yang berniat berkemah, ada banyak titil yang bisa jadi pilihan lokasi mendirikan tenda. Di wilayah Pantai karang Nini  ada juga gua-gua tua yang bisa jadi pilihan untuk anda kunjungi juga. Fasilitas berupa penginapan juga ada mski tidak begitu banyak, ada pula tempat parkit, menara pengintai, warung-warung penjual makanan, pusat informasi, dan lain-lain.

96

Untuk mencapai Karang Nini ada beberapa jalur yang bisa anda pilih misal Garut –Tasikmalaya – Banjar – Ciamis – Kalipucang – Karangnini kurang lebih 150 – 200 km jaraknya atau dari Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Ciamis – Kalipucang _ Karang Nini kurang lebih 220km jarak yang harus anda tempuh. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: panoramio.com; flickr.com; disparbud.jabarprov.go.id)