Pantai Kondang Merak, Pantai Tenang dengan Karakter Air Payau

By on September 24, 2013

Siapa sangka, kota Malang yang terkenal hawa sejuknya punya banyak destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi, meski tak sepopuler tujuan wisata kota Batu dengan banyak pilihan taman rekreasinya, namun anda tidak akan menyesali perjalanan anda hingga menemukan objek wisata yang menawan ini, salah satu dari beberapa pantai yang masuk dalam wialyah Malang, Jawa Timur ada yang namanya Pantai Kondang Merak, sebenarnya lokasi pantai tak jauh dari Pantai Balekambang, letaknya tepat di Kecamatan Donomulyo, pamornya bila dibandingkan Pantai Balekambang memang sedikit kalah tenar, namun lingkungannya yang masih bersih, alami dan tenang lambat laun mampu menyaingi pantai-pantai lainnya di Malang. Menggunakan unsur nama Burung Merak karena dulunya di pantai ini sering datang burung merak untuk meminum air di laut ini yang dikenal memiliki karakter air payau yakni campuran atau kombinasi air laut yang asin dengan air tawar. Pantai Kondang Merak diselimuti hutan dengan pepohonan lebat sehingga selain indah pesona alamnya, hawa sejuk akan menyapa anda sebelum sampai kawasan pantai. Lokasinya yang tersembunyi dibalik pepohonan rindang ini semakin membuat penasaran saja.

pantai-kondang-merak

Untuk masuk aea pantai tidak dikenai biaya, ada sih pos retribusi yang sudah lapuk dimakan usia, namun kini sudah tidak difungsikan sebagaimana mestinya lagi. Sesampainya di Pantai Kondang Merak anda akan dibuai dengan indahnya pantai yang diapit beberapa tebing tinggi, meski tergolong deretan pantai selatan, ombak di Pantai Kondang Merak relatif tenang, meski begitu anda tetap harus berhati-hati jika berniat berenang, usahakan jangan terlalu ke tengah, cukup di tepian saja, jangan sampai tergolong ombak, meski deburan ombaknya terbilang relatif tenang, namun kondisi cuaca kadang tidak bisa diprediksi. Pasir putih membentang di sepanjang area sekitar pantai, teksturnya lembut juga halus.

Kontur alamnya amat memungkikan jika anda berniat hendak mendirikan tenda untuk berkemah di kawasan pantai ini, dengan berkemah anda bisa menikmati cantiknya Pantai Kondang Merak, karang-karang tinggi besar akan makin maksimal keindahannya saat dilihat ketika matahari terbit atau tenggelam, wisata all in one eksotisme pantai berpadu rimbun dan rindangnya hutan menciptakan biru dan hijau bagi pandangan mata siapapun yang berlibur kesana. Unikmnya lagi, Pantai Kondang Merak kerap dijadikan lokasi bagi mereka yang hendak melakukan ritual-ritual upacara adat dengan maskud dan tujuan tertentu seperti misalnya untuk mendapatkan materi, biasanya mereka melakukan ritual mandi di air lautnya. Objek wisata yang msih tergolong sepi pengunjung ini pas untuk dijadikan tujuan wisata bagi anda yang sedang penat dengan keramaian dan hiruk pikuk kehidupan perkotaan sehari-hari,

Kondang-Merak

karena lokasinya yang terbilang cukup tersembunyi, untuk fasilitas seperti penginapan atau rumah makan tidak ada kalau di dekat-dekat kawasan pantai. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: wisatamalang.com; infovillalisting.blogspot.com; tripadvisor.com.au)