Pantai Lapuuk Aceh, Pesonanya Tak Hilang Meski Sempat Dihempas Gelombang Tsunami

By on September 2, 2013

Pantai Lapuuk merupakan obyek wisata andalan bagi masyarakat Aceh, jaraknya tidak jauh dari kota Banda Aceh, hanya berkisar 17 km atau sekitar 40 menit ke arah Meulaboh. Sewaktu bencana tsunami mengguncang wilayah Aceh tahun 2004 lalu, obyek wisata bahari ini ikut terkena ganasnya gelombang tsunami dan mengalami kerusakan cukup parah, hotel-hotel dan tempat tinggal penduduk di sekitar pantai pun ikut luluh lantak. Trauma akan ancaman gelombang tsunami membuat masyarakat dan wisatawan enggan berkunjung lagi ke pantai ini, hal ini yang menyebabkan kawasan wisata Pantai Lapuuk ini kemudian ditutup untuk kegiatan pariwisata. Namun seiring berjalannya waktu, secara berangsur-angsur pantai ini mengalami perbaikan dan terus mempercantik diri untuk mendapatkan pesonanya kembali di hati para wisatawan maupun masyarakat setempat.

104724_lampuuk1

Kini kondisinya sudah kembali seperti semula, tidak hanya wisatawan domestik saja yang tampak asyik melepas penat di pantai ini, banyak pula wisatawan asing yang mencoba menaklukan ombak Pantai Lapuuk lewat papan surfing.

Pantai Lapuuk yang punya air jernih kebiruan, hamparan pasir putih bersih, pohon-pohon rindang di sekelilingnya, seiring dengan usahanya melakukan perbaikan, pantai ini dilengkapi fasilitas-fasilitas yang akan memudahkan dan membuat nyaman para wisatawan seperti misalnya penginapan dengan banyak kategori pilihan yang sesuai dengan budget serta kebutuhan anda, permainan Banana Boat, kios-kios yang menyajikan menu seafood istimewa, dan anda juga bisa mengunjungi konservasi penyu di wilayah Babah Dua, toilet, musholla, area camping juga ada.

pantai lampuuk aceh.2

Nikmati kedatangan anda dengan berpuas diri bermain air atau berenang di tepian pantai, bermain istana pasir, berfoto, sampai menikmati romantisnya sunset bersama keluarga tercinta. (Arisca Meir/inloveindonesia) (Foto: acehpoegeutanyoe.blogspot.com; waspada.co.id; travel.detik.com)