Pantai Ngunggah, Pantai pasir putih paling barat di Gunungkidul

By on November 21, 2015

pantai ngunggah

Berlibur ke Jogja rasa rasanya tidak akan pernah bosan. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dijamah tanpa dengan menghabiskan biaya yang mahal. Karena Jogja memang terkenal dengan surga bagi wisatawan yang hendak ingin piknik ataupun sekedar jalan-jalan. Jika berwisata di Jogja kita tinggal memilih mau mendatangi wisata yang mana. Jogja menawarkan berbagai macam jenis wisata. Mulai dari wisata alam berupa pantai dan air terjun ataupun berbukitan. Jika kita di Jogja dan ingin berwisata ke pantai namun sudah bosan dengan pantai-pantai yang itu-itu saja, maka anda mungkin bisa mencoba ke pantai yang tidak umum, pantai yang masih sepi dan masih belum banyak orang yang tahu, dan akses menuju ke lokasi butuh perjuangan yang cukup menantang.

Pantai Ngunggah serasa pantai milik sendiri

Namanya adalah Pantai Ngunggah, terletak di Dusun Pejaten, Desa Giriwungu, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Adalah sebuah pantai yang menurut pengamatan dari google earth terdeteksi pantai paling barat di Gunungkidul yang berpasir putih. Pantai ini memang belum cukup terkenal dan belum dikelola menjadi destinasi wisata. Untuk menuju ke lokasi kita harus sampai dulu di Dusun Pejaten. Sebelum masuk ke jalan kampung, terdapat papan petunjuk ke arah Pantai Ngunggah. Kita tinggal ngikuti jalan masuk dusun dan jika menemukan persimpangan dan bingung mau ambil yang arah mana, jangan ragu dan untuk bertanya ke warga sekitar. Warga Gunungkidul itu ramah-ramah dan dengan senang hati akan menjawab pertanyaan kita tanpa akan keblasuk (baca: nyasar). Secara umum warga dusun situ bermata pencaharian sebagai petani jadi akan dengan mudah menemukan warga sekitar yang sedang menggarap lahan pertaniannya.

Sesampainya di ujung jalan sebelum ke pantai, terdapat gubug kecil yang bisa dijadikan tempat istirahat dan memarkir kendaraan kita. Di sekitar gubug ternyata ada lahan datar yang bisa buat parkir mobil. Karena sekarang posisinya kita sedang berada di atas maka kita bisa melihat betapa indahnya luasnya samudra yang biru tanpa ada yang menghalangi, sungguh memanjakan mata bukan. Eits tunggu dulu perjalanan belum selesai karena kita belum ke pantainya.

pantai ngunggah

sumber: rentalmobilyogyakarta.net

Pantai Ngunggah sendiri merupakan pantai yang untuk menuju kesana harus menuruni tebing dengan melewati jalan setapak. Dari gubug itu tadi kita selanjutnya berjalan ke arah timur untuk selanjutnya menuruni tebing. Jangan lupa untuk selalu hati-hati karena jalannya cukup curam. Jangan takut kesasar pula karena walaupun jalan setapak namun tetap terlihat jelas untuk dilewati. Setelah agak turun kita sudah bisa melihat dengan jelas pantai dengan pasir putihnya.

Sesampainya di bawah maka Pantai Ngunggah sudah ada di depan mata. Pantai ini memang terbilang pantai yang kecil dan diapit oleh tebing-tebing. Jika air laut sedang surut maka kita bisa melihat biota laut yang ada di pantai ini. Di bibir pantainya kita bisa temukan hewan khas pantai yaitu kelomang. Tidak jarang pula kita menemukan warga yang sedang mencari rumput laut ataupun sedang memancing. Jadi walaupun pantai ini terbilang pantai kecil yang sepi namun jangan takut untuk kesana karena paling tidak nanti bisa bercengkerama dengan warga sekedar beramah tamah. Jadi kapan mau ke Pantai Ngunggah?

[Wachid A/ensiklopediaindonesia]