Pantai Nyiur Melambai, Belitung Timur

By on November 24, 2014

Ingat lagu ‘nyiur melambai…di tepi pantai…? Pasti ingat, ini salah lagu wajib yang anda ingat saat kata-kata pantai terlintas di benak anda. Nyiur sendiri biasanya didefinisikan sebagai pohon kelapa yang berada di tepian pantai. Pantai di Indonesia, selain terkenal dengan gambaran pasir putihnya, juga sering digambarkan dengan jajaran pohon kelapa di setiap sisinya. Apalagi, memang paling cocok menikmati es kelapa muda saat berlibur di pantai.

Nah, ternyata ‘nyiur melambai’ ini tak hanya dijadikan lagu saja lho. Di Belitung yang memang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, ada juga sebuah pantai yang bernama ‘Pantai Nyiur Melambai’. Tapi meskipun bernama Pantai Nyiur Melambai, bukan jejeran pohon kelapa yang akan anda temukan disini, melainkan barisan pohon pinus yang berada di pinggir pantai.

Pantai Nyiur Melambai sendiri merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Kota Belitung Timur. Pantai Nyiur Melambai juga dikenal sebagai Pantai Lalang, karena letaknya yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kota Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Yang menjadi andalan di pantai ini adalah sunrisenya. Kebanyakan para pengunjung datang pagi-pagi buta untuk menikmati hangatnya sunrise dari pantai ini. Ini karena letaknya yang berada sisi timur Pulau Belitung sehingga pada pagi hari ketika matahari terbit akan terlihat dengan jelas.

Pantai Nyiur Melambai sangat teduh saat siang hari. Jejeran rindangnya pohon pinus membuat pinggiran pantai ini terlindung dari panasnya sengatan matahari, apalagi sembari duduk atai tiduran santai sambil menikmati semilir angin dan bekal yang anda bawa. Benar-benar liburan yang sangat menyenangkan.

Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang atau sekedar bermain air. Selain itu, kontur pantai ini juga cukup landai, sehingga cocok untuk bermain voli pantai atau sepak bola pantai.  Fasilitas di Pantai Nyiur Melambai sudah sangat lengkap, mulai dari toilet, tempat makan, bahkan lapangan voli pantai, lapangan futsal, dan panjat tebing buatan.

Untuk menuju ke Pantai Nyiur Melambai, dari pusat Kota Belitung Timur atau Manggar dapat menggunakan ojek untuk menuju Pantai Nyiur Melambai dengan tarif sekitar Rp. 10.000 per orang. (Hikari/ensiklopediaindonesia)