Pantai-pantai Pilihan di Gunungkidul

By on May 27, 2015

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan laut selatan. Tak heran jika kebanyakan objek wisata di Gunungkdul berada di sepanjang jajaran pantai selatan. Meskipun sama-sama berada di baris pantai selatan, tapi pantai-pantai di Gunungkidul ini memiliki keunikannya sendiri. Seperti Pantai Siung dengan jalur pemanjatan tebingnya, Pantai Indrayanti yang terkenal dengan Bali ala Jogja, atau yang paling baru adalah Pantai Nglambor yang terkenal dengan area surfingnya. Berikut beberapa pantai pilihan di Gunungkidul

Pantai Indrayanti

Dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, Pantai Indrayanti berhasil memikat hati para wisatawan. Anda akan disuguhkan dengan panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai. Inilah salah satu objek wisata di Gunungkidul yang menjadi salah satu pantai romantis di Jogja.

Di sepanjang bibir pantai, Anda dapat menyaksikan deretan restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Anda juga bisa menyewa jet sky yang ada. Beberapa cottage bahkan tersedia di sekitaran pantai bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti ini.

Pantai Baron

Pantai Baron sebenarnya merupakan teluk yang berada di antara dua bukit yang mengapit pantai tersebut. selain menyajikan panorama laut yang indah, PPantai Baron juga menjadi salah satu destinasi wisata Gunungkidul bagi mereka yang ingin menyantap aneka kuliner laut yang lezat. Pantai Baron adalah juga dermaga bagi para nelayan, Anda akan menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.

Pantai Siung

Objek wisata Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan arena panjat tebingnya. Setidaknya ada 250 jalur pemanjatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai Siung memiliki hamparan pasir yang putih, dan populer dengan batu karangnya yang berukuran raksasa. Para penggemar olah raga panjat tebing tentu saja akrab dengan pantai ini. Sejumlah event panjat tebing skala nasional dan internasional pernah digelar di tempat wisata Gunungkidul yang satu ini.

Pantai Jogan

Salah satu pesona pantai Gunungkidul adalah Pantai Jogjan yang terkenal dengan aliran air terjunnya yang langsung jatuh ke bibir laut Jogan. Air terjun setinggi 10 meter ini memiliki sumber air yang berawal dari perbukitan karst yang ada di kawasan pantai Jogan. Tempat wisata Gunungkidul yang satu ini memang memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur.

Anda bisa mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut. Namun, diperlukan kehatian-hatian ekstra untuk dapat menyusuri turunan licin dan curam agar sampai ke bagian bawah air terjun tersebut.