Pantai Pasir Putih, Ikon Wisata Situbondo

By on May 22, 2014

Setiap daerah pastinya mempunyai ikon wisata yang menjadi andalan daerah tersebut, tak terkecuali kabupaten Situbondo. Pantai Pasir Putih adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Situbondo dimana, dikenal karena hamparan pasirnya yang putih. Jika pantai lain dihiasi dengan jajaran pohon kelapa, maka Pantai Pasir Putih Situbondo dihiasi dengan jajaran pohon-pohon besar yang rindang.

Saat anda berada di pinggir pantai ini, anda akan mendapatkan paduan rindang hijaunya deretan peophonan dan putihnya pasir dan birunya laut. Perpaduan harmonis antara semilir angin pantai dengan rindangnya pepohonan.

Bagi wisatawan yang hendak bepergian ke Pantai Pasir Putih bisa dengan mudah menggunakan mobil pribadi maupun angkutan umum, karena posisinya di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Jarak lokasi wisata ini berjarak + 174 km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus (angkutan umum) dari terminal Bungurasih, Surabaya.

Banyak hal yang bisa dilakukan disini, pantainya yang landai cukup aman bagi anak-anak untuk berenang atau sekedar bermain air, ombaknya pun relatif tenang. Ada juga penyewaan ban pelampung dan perahu. Biaya menyewa perahu untuk sekali jalan sebesar Rp. 50.000,- s/d Rp. 75.000,- untuk 5 orang,  yang dilengkapi kaca mata air untuk menyaksikan pemandangan bawah laut.

Di tempat ini juga tersedia warung, penjual sate ayam keliling, penjual berbagai ikan asin dengan harga variatif dan cukup terjangkau. Tak ketinggalan kios-kios yang menjual souvenir seperti replika perahu serta hiasan dan aksesoris dari kerang. Fasilitas penginapan juga sudah tersedia di sekitar kawasan Pantai Pasir Putih. Tarif yang ditawarkan standar sekitar Rp. 250.000,- per kamar atau losmen dengan harga yang lebih terjangkau. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)