Pantai Tanjung Lesung, Menikmati Eksotisnya Banten

By on May 22, 2014

Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata ‘lesung’, pastinya teringat dengan sesosok yang memiliki senyum manis dengan lesung di pipiny, dan tentunya nyaman dipandang. Itulah hal yang sama jika anda berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung, Banten.

Pantai Tajung Lesung berlokasi di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Menurut masyarakat sekitar, penamaan ‘tanjung lesung’ berasal dari lokasi pantainya yang berupa daratan menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu alat tradisional penumbuk padi. Pantai ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar dan resmi dibuka untuk umum sejak Januari 1998. Kini Pantai Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten.

Keindahannya sangat nyaman dipandang, pasir putihnya yang lembut saat kaki menjejak, air yang jernih dan berkilau. Sungguh pemandangan yang tidak bisa anda dapatkan setiap hari. Kontur pantainya yang landai membenatng sepanjang 15 km, mengingatkan kita pada pantai-pantai di Bali. Sangat pas untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Bersenang-senang sambil bermain pasir, berenang, berjemur, atau sekedar menikmati hembusan angin pantai. Anda juga bisa mencoba permainan jetski, atau menjelajah alam bawah lautnya.

Kawasan Pantai Tanjung Lesung sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Suasanya tenang dengan balutan pemandangannya alam yang romantis. Berjalan di pinggir pantai saat sore hari bersama pasangan sambil bergandengan tangan dan mendengarkan deburan ombak akan sangat indah dan menjadi kenangan berkesan dan romantis.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah sangat lengkap. Diantaranya information center, lifeguard, money changer, parkir area, banana boat, glass bottom boat, snorkeling, kayak sea, mini golf, pool, fishing pool, park, shelter, children playing area, dan lainnya. Disekitar kawasan pantai ini juga sudah banyak tersedia fasilitas penginapan seperti hotel dan homestay yang sesuai dengan budget anda.

Transportasi menuju  pantai Tanjung Lesung sudah bagus. Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Lesung maka Anda bisa mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak. Berikutnya keluar melalui pintu Gerbang Tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, lanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga berakhir di Pantai Tanjung Lesung. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)