Pantai Watu Karung, Pantai Wajib Kunjung di Pacitan

By on August 13, 2013

Pacitan pun tak mau kalah dengan daerah lain di Indonesia yang punya potensi wisata bahari yang indah dan mempesona, kota asal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini ternyata punya pantai yang eksotis yakni Pantai Watu Karung, lokasi pantai tepat di desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kalau dari pusat kota Pacitan anda harus menempuh jarak berkisar 40km atau sekitar 1-2jam lamanya. Belum ada angkutan umum khusus untuk bisa mencapai lokasi pantai ini sehingga untuk bisa sampai Pantai Watu Karung anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Aspal sepanjang jalan menuju pantai terbilang sudah bagus, namun anda harus berhati-hati dengan karakter jalan yang sifatnya tanjakan curam maupun tikungan tajam,

img_20120307125723_4f56f8c3178e3

selain itu anda harus rajin bertanya kepada penduduk setempat karena belum banyak papan penunjuk jalan yang akan membantu anda menemukan lokasi pantai.

Sesampainya di lokasi obyek wisata ini anda akan dikejutkan dengan pemandangan alam pantai yang bersih indah, bebatuan karang yang kokoh banyak juga terdapat disini, airnya biru kehijauan dan jernih, pasir putih lembut menghampar disepanjang pinggiran pantai dan istimewanya lagi, Pantai Watu Karung punya ombak kelas dunia yang merupakan surga bagi para surfer. Pastikan anda berkunjung tidak di musim hujan, pantai elok ini berpadu langit biru cerah plus sinar matahari, sempurna! Jangan sampai anda tidak menyaksikan matahari terbit atau tenggelam di pantai ini, karena fenomena alam tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Kembali lagi kepada keistimewaan ombak Pantai Watu Karung yang memiliki tipe reef break sehingga bisa menghasilkan barrel yang akan memuaskan para surfer yang kerap dibuat penasaran oleh gulungan ombak tinggi besar, terbuti beberapa tahun yang lalu peselancar top asal Indonesia Rizal Tanjung pernah mengajak Bruce Irons seorang peselancar kelas dunia yang pernah menjuarai Rip Curl Pro Search tahun 2008 untuk membuktikan bahwa Pantai Watu Karung layak dijadikan destinasi berselancar di Indonesia.

8184305922_b3cc7b3567_z

Pantai indah ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi kini semakin dikenal namanya makin naik pula pamornya, apalagi di musim liburan, sudah banyak yang memilih untuk mengunjungi pantai ini. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: travel.detik.com; traveldudes.org; flickr.com)