Pemicu Kram Saat Tidur

By on August 31, 2015

kaki kram

Pemicu kram saat tidur. Apa saja penyebabnya? Pernahkah kamu mengalami kram kaki saat sedang tidur pulas? Tentu saja sangat menyiksa bukan? Tiba-tiba betis atau jari-jari kakimu menjadi tegang, sulit digerakan dan sangat terasa sakit. Karena kondisi ini, terkadang membuat kita terbangun karena tak kuasa menahan sakit. Setelah itu, tentu saja akan sulit memejamkan matamu kembali dan menikmati tidur yang nyaman.

Kram tidak bisa langsung hilang, tubuh memerlukan beberapa waktu untuk menghilangkan kram dan memulihkannya kembali. Biasanya kram kaki berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Biasanya saat malam hari, kram menyerang pada bagian kaki, terutama betis. Lalu sebenarnya apa peyebab kram pada kaki tersebut?

Pemicu kram saat tidur :

Kram kaki pada malam hari biasanya menyerang pada bagian betis, yang mana otot pada betis menegang secara tiba-tiba. National Medical Society menyebutkan bahwa saat kita tidur, otot pada bagian betis dan kaki akan menjadi lebih pendek sehingga rentan terkena kram. Umumnya kram kaki pada malam hari menyerang remaja atau lainnya yang berolahraga di malam hari.

Meski secara pasti belum diketahui penyebab kram kaki saat malam hari ini, namun ada beberapa faktor yang berpotensi memicu kram seperti dehidrasi, kekurangan asupan kalsium, magnesium, potasium dan senyawa lainnya, serta terhambatnya aliran darah pada otot karena duduk terlalu lama tanpa melakukan apapun.

Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh juga beresiko memicu kram kaki saat tidur di malam hari. Dehidrasi akan mempengaruhi kerja syaraf yang berakibat pada kondisi kram.

kram

sumber: cantiksehatgue.blogspot.com

Sirkulasi Darah yang Kurang Lancar

Kurang lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya kram kaki saat malam hari. Disamping itu, posisi tidur yang salah juga dapat menghambat aliran darah yang berakibat terjadinya kram. Jika terjadi kram, cobalah untuk melakukan peregangan beberapa saat atau bisa juga mengompres bagian kaki yang terkena kram dengan air hangat. Dengan begitu otot yang terkena kram akan pulih kembali.

Hamil

Saat hamil, seorang wanita akan  berpotensi lebih besar mengalami kram kaki pada betis terutama pada malam hari. Namun kram kaki yang menyrang ibu hamil umunya disebabkan karena kekurangan asupan kalsium maupun magnesium saat hamil. Karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan magnesium.

Cedera Otot

Penyebab cedera otot biasanya adalah akibat dari terlalu banyak beraktivitas saat siang jari. Saat melakukan banyak aktivitas kita memang tidak langsung merasakannya. Biasanya kita baru merasakan efek tersebut saat malam hari.