Perut Buncit? No Way!

By on June 30, 2015

perut buncit

Perut buncit, baik  bagi wanita maupun pria, merupakan sesuatu yang sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi wanita. Bagaimana tidak? Wanita cenderung ingin terlihat sempurna dengan baju yang dipakainya, tapi kalau melihat tonjolan dibagian perut, tentu saja itu mengacaukan semuanya. Apalagi wanita sangat mengidamkan punya tubuh yang ideal sehingga perut yang membuncit sangat dihindari. Selain itu, dari sisi kesehatan, perut buncit juga memiliki risikonya tersendiri seperti kematian dini, penyakit jantung, stroke, hingga diabetes. Penyakit tersebut memang menjadi ancaman serius dan bisa menyerang kapan saja. Tapi hal itu bisa dihindari agar tidak perut kita menjadi buncit. Tentu saja ada cara bagaimana terhindar dari perut buncit.

Berikut tipsnya:

1. Hindari Makan Terlalu Malam.

Saat tidur di malam hari dengan perut terlalu kenyang, maka kita berisiko besar mengalami acid reflux atau gangguan pencernaan. Kenapa? Karena dalam posisi tidur, gravitasi tak bisa membuat makanan di dalam perut turun dan dicerna dengan baik.

2. Hindari Minuman Bersoda.

Menurut penelitian, mengonsumsi 1 hingga 2 kaleng minuman bersoda setiap hari bisa membuat lingkar pinggang kita bertambah lima kali lebih cepat dibandingkan orang yang minum minuman bersoda sekali setiap minggu. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda bisa memicu makin besarnya nafsu makan kita. Sehingga Anda malah bisa makan lebih banyak daripada biasanya setelah minum minuman bersoda.

perut buncit

sumber: blessteaonline.com

3. Hindari Makan Saat Emosi Tidak Stabil.

Pernah mendengar emotional eating? Yaitu ketika kita makan dalam kondisi emosional, seperti ketika sedang marah, sedih, atau kecewa. Dampak dari emotional eating ini adalah kecenderungan kita untuk makan berlebihan (overeating). Perut pun bisa buncit jika nafsu makan tidak terkontrol.

4. Kekurangan Protein.

Dengan mencukupi kebutuhan protein harian yang cukup, gula darah bisa stabil dan kadar insulin bisa dikurangi untuk mempercepat laju metabolisme tubuh. Protein juga bisa membantu tubuh mengontrol hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan.

5. Kurang Tidur.

Idealnya, orang dewasa perlu tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Jika saja jam tidur kurang, maka kadar kortisol (hormon stres) meningkat dan membuat nafsu ngemil makan makanan manis ikut bertambah. Jadi untuk menjaga kadar stres hormon kortisol tetap normal, tidur cukup diperlukan. Dengan begitu, nafsu makan pun bisa terkontrol dengan baik.