Pesona Air Terjun Madakaripura, Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

By on February 1, 2014

Anda yang menjadikan Gunung Bromo sebagai destinasi wajib untuk melepas penat jangan cuma terpaku dengan keindahan desa di atas awan saja ya, masih banyak lho destinasi wisata yang tak kalah menarik yang ada disekitar Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru ini. Salah satunya adalah Air Terjun Madakaripura. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Gunung Bromo, tepatnya ada di Desa Sapih, sekitar 3 jam dari kota Surabaya.

Air terjun yang diyakini menjadi tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada ini dijuluki sebagai air terjun abadi karena selalu mencurahkan airnya dan tidak pernah kering. Lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun Madakaripura masih benar-benar alami. Apalagi dengan panorama yang disuguhkan alam Bromo yang sangat memukau.

Pemandangn yang hijau dan rindangnya pohon-pohon disepanjang perjalanan menuju air terjun ini membuat anda tak terasa lelah. Ditambah setelah anda sampai di Air Terjun Madakaripura, dijamin semangat anda akan kembali bahkan bertambah saat tetesan riuh air terjun mengenai tubuh anda. Tak ketinggalan patung besar Patih Majapahit, Gajah Mada didalam posisi duduk meditasi seakan menyapa tiap-tiap pengunjung sebelum meneruskan perjalanan lebih jauh ke pusat lokasi air terjun.

Sebelum anda sampai di air terjun Madakaripura, anda akan terlebih dahulu disapa oleh lembah seperti tabung di mana terdapat air terjun berketinggian 200 meter tinggi menjulang. Air terjun Madakaripura dijuluki sebagai air terjun paling tinggi di jawa serta air terjun paling tinggi ke-2 di Indonesia . Dikelilingi oleh tembok berupa tebing batu yang tinggi, dan debit air terjun madakaripura yang jatuh memukau siapapun yang melihatnya.

Jika anda datang dari Surabaya, ibu kota Jawa Timur, perjalanan membutuhkan waktu sekira 3 jam dengan mengambil rute antarkota ke Sidoarjo-Porong-Pasuruan-Probolinggo. Setelah mencapai Tongas, di sebuah pertigaan akan ada tanda arah menuju Gunung Bromo dan Air Terjun Madakaripura (ke arah kanan). Pertigaan tersebut ditandai sebuah tugu kecil tepat di tengah-tengah. Dari pertigaan, setelah menempuh perjalanan sekira 20-30 menit, Anda akan melihat tanda arah lain untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura (ke kanan). Dari sana, jalan yang dilalui akan sedikit sempit tapi pemandangan alamnya akan dapat memanjakan mata. Ikuti jalan tersebut sampai Anda mencapai pintu masuk Air Terjun Madakaripura. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com РFoto)