Pesona Hijaunya Deretan Bukit di Green Village Gedangsari, Yogyakarta

By on December 17, 2015

Masih belum banyak yang mengetahui keberadaan desa-desa wisata di Gunungkidul. Kebanyakan wisatawan maupun warga Jogja sendiri mengenal Gunungkidul sebagai surganya wisata pantai dan wisata adrenalin. Padahal Gunungkidul juga memiliki desa-desa wisata yang sayang kalau dilewatkan, salah satunya adalah Desa Wisata Gedangsari atau lebih dikenal dengan Green Village Gedangsari.

Green Village Gedangsari berada di dataran tinggi dusun Guyangan Lor, Mertelu, perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul, DIY dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Di sini kamu bisa istirahat sembari ‘cuci mata’ dengan deretan perbukitan yang sangat hijau sembari berteduh di gubuk-gubuk kecil dan menikmati semilirnya angina. Benar-benar liburan impian bagi kamu yang sudah lelah dan sumpek dengan segala aktivitas.

Pembangunan desa wisata Gedangsari dilaksanakan melalui program pemerintah yaitu MP3Ki yang melibatkan pemuda sekitar yang menelan dana kurang lebih Rp 2 milyar. Program MP3Ki ini sendiri adalah program pembantu kemiskinan agara kehidupan perekonomian warga sekitar bisa terangkat, karena 90 persen warga sekitar bekerja sebagai petani. Karena itu, dengan kamu berkunjung ke Green Village Gedangsari, selain berwisata dan merelaksasikan tubuh dan pikiran, kamu juga dapat membantu perekonomian warga sekitar.

pesona-hijaunya-deretan-bukit-di-green-village-gedangsari-yogyakarta

Bagi kamu pecinta fotografi, scenery di sekitar Green Village Gedangsari ini sangat ‘instagramable’ dan ‘fotografiable’ lho, terlebih dengan pemandangan saat sunset-nya. Biaya masuk? Jangan khawatir, kamu hanya cukup membayar untuk retribusi parkir saja. Soal fasilitas, Green Village Gedangsari sudah cukup baik dengan akses yang mudah, toilet, dan beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan meskipun masih jarang.

pesona-hijaunya-deretan-bukit-di-green-village-gedangsari-yogyakarta3

Untuk akses menuju Gedangsari, meskipun desa wisata ini masuk dalam Provinsi Yogyakarta, tetapi aksesnya lebih mudah jika melalui Klaten. Dari Klaten masuk ke arah selatan melalui wedi menuju Gedangsari melalui jalur dusun Banyu Watugajah. Kalau kamu dari arah timur Bayat / Cawas, maka dari kecamatan Bayat ambil selatan, melalui Desa tegalrejo kemudian kebarat arah Guyangan Lor.(foto- brilio.net)

pesona-hijaunya-deretan-bukit-di-green-village-gedangsari-yogyakarta2