Pola Makan Tidak Sehat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

By on August 31, 2015

pola makan tidak sehat

Pola Makan tidak sehat sering kali terjadi, terlebih Makan merupakan rutinitas yang tak bisa kita tinggalkan dan kebutuhan setiap orang. Tubuh seseorang sangat bergantung pada apa yang ia makan. Meski demikian, kadang tanpa kita sadari kita sering bermasalah dengan pola makan tidak sehat sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu kita harus menjaga pola makan sedini mungkin sejak sekarang juga. Karena pola makan tersebut adalah suatu bentuk kebiasaan sehingga itu menjadikan hal buruk yang selalu kita lakukan. Hal ini sungguh sangat harus dihindari demi kebaikan tubuh kita sendiri akan selalu terjaga kesehatannya termasuk tetap menjaga penampilan bentuk tubuh agar idel. Apa saja kebiasaan tersebut?

Berikut Pola Makan Tidak Sehat yang Harus dihindari :

1. Makan saat sudah terlalu larut

Saat jam-jam malam, banyak orang yang menyantap makan besar atau sekedar ngemil. Terutama bagi mereka yang memiliki beberapa alasan masih terjaga saat sudah larut malam atau begadang. Begadang sering membuat kita merasa kelaparan, sehingga mau tidak mau membuat kita mengkonsumsi makanan-makanan ringan yang belum tentu ada gizinya dengan alasan agar tetap terjaga. Namun ternyata kebiasaan ini akan memperburuk kesehatan karena dapat meningkatkan berat badan, perut buncit, hingga masalah pencernaan.

2. Makan untuk menghilangka stress

Tidak sedikit orang yang melampiaskan rasa stress mereka dengan makan. Rasa senang saat menyantap makanan yang mereka sukai dijadikan sebagai penghilang stress. Tapi tahukah Kamu, hal ini ternyata tidak baik. Banyak para penderita obesitas yang juga melampiaskan rasa stress mereka dengan makanan, namun tanpa kendali, resiko obesitas malah akan menyerangmu. Boleh sesekali melampiaskan stress kamu dengan makan makanan kesukaanmu, tapi tetap harus dibatasi dan tidak boleh terlalu sering.

Pola makan tidak sehat

sumber: tunggo.com

3. Makan dalam jumlah terlalu besar

Bagi kamu yang sering makan sambil nonton tv atau ngobrol hal tersebut akan cenderung membuatmu untuk makan dalam porsi yang lebih banyak. Untuk menghindari makan terlalu besar, kamu bisa mengatasinya dengan membiasakan diri makan di meja makan atau mengontrol diri agar tidak tertarik mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

4. Makan terlalu cepat

Makan dengan terburu-buru tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaanmu. Saat kamu makan terburu-buru, maka akan terjadi penekanan udara pada perut sehingga membuat perut kembung. Selain itu, saat kamu makan terburu-buru, makanan tidak dapat di kunyah dengan baik sehingga membuat lambung bekerja lebih keras, dan pencernaanmu akan terganggu. Tak perlu jauh-jauh mencari dampak negative nya secara ilmiah, dengan makan terlalu cepat membuatmu lebih mudah tersedak, hal tersebut tidak baik bagi tenggorokanmu.