Primadona Baru di Papua, Danau Sentani

By on September 17, 2013

Keelokan alam bumi Papua memang sudah tak diragukan lagi, objek wisata alam maupun pantainya selalu menjadi idola bagi pecinta travelling baik mancanegara maupun domestik. Selain Raja Ampat yang terkenal itu, Danay Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura Papua pun mampu  membius pandangan kita dengan pesonanya. Danau ini panjangnya seitar 30 km dengan 22 pulau-pulau kecil tersebar di sekitarnya. Keunikan dari danau ini adalah keberadaan hewan endemik hiu juga barakuda di perairan Danau Sentani, yang mana kita tahu mereka habitatnya tinggal di perairan laut, menurut peneliti hiu-hiu yang hidup di Danau Sentani sudah beradaptasi dengan air payau hingga air tawar, tak heran jika ia pun bisa hidup di air tawar danau ini. Hiu Sentani punya moncong yang menyerupai bentuk gergaji, ikan ini terbilang hewan yang hampir punah maka keberadaannya pun dilindungi undang-undang. Supaya Danau Sentani semakin dikenal luas, pemerintah setempat membuat event yang dikenal dengan nama Festival Sentani sebagai media promosi, festival ini berlangsung di bulan Juni setiap tahunnya dan berlangsung selama seminggu, di festival ini ada banyak hiburan bisa anda nikmati dari pertunjukkan seni macam tari perang, seni kelabang, bahkan  kuliner dan lain-lain.

lakesentani

Danau Sentani punya latar belakang Pegunungan Cyclops membuat pemandangan alam sekitarnya amat mempesona, warna hijau membentang akan jadi point of view selama anda disini, hawa di sekitar danau relatif sejuk, melihat keindahan alam yang ada mampu meruntuhkan penat dan jenuh anda dari kesibukkan sehari-hari.

Untuk fasilitas bagi wisatawan, tidak perlu kuatir penginapan tidak sulit ditemukan, sebagai daerah tujuan wisata ada banyak jenis penginapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda dari hotel berbintang sampai hotel murah meriah denan harga mulai Rp. 300.000 seperti misal Sentani Indah Hotel. Jarak danau yang tidak begitu jauh dari pusat kota cukup memudahkan bagi anda yang lebih memilih penginapan di kota Jayapura. Danau Sentani  bila ditempuh dari Bandara  hanya butuh 15 menit saja menggunakan mobil / taksi dan anda sudah bisa melihat danau terbesar di Papua ini. Selain bisa berfoto, anda juga bisa menyewa perahu wisata dan berkeliling menyusuri area danau untuk menikmati pesona alam danau lebih maksimal. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: ainzhachablogdetik.com; barabine.blogspot.com)