Pulai Sikuai, Keindahan Tersembunyi di Sumatra Barat

By on October 10, 2013

Padang dikenal luas sebagai tempat dengan keindahan-keindahan alami yang luar biasa. Tak hanya keindahan alam hutan dan air terjunya saja, namun juga keindahan alam pantainya. Beberapa orang lebih menyukai tempat yang sepi dan masih belum terekspose secara luas dibanding tempat yang telah dikenal banyak orang. Jika anda salah satu jenis wisatawan yang lebih menyukai tempat yang sepi dan tenang, maka Pulau Sikuai bisa menjadi referensi yang bagus untuk menghabiskan liburan.

Pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera, tepatnya di kec. Bungus, Padang ini memiliki luas sekitar 44 hektar, dengan dihiasi hutan tropis dan pantai pasir putihny serta pohon-pohon kelapa di sepanjang pesisir pantainya.

sikuai

Meskipun disebut sebagai keindahan yang tersembunyi dari Sumatera Barat, namun fasilitas yang tersedia di Pulau Sikuai terbilang cukup lengkap. Mulai dari resort, hotel berbintang 2, restauran, kolam renang, dan beberapa cottage. Semua fasilitas ini memakan area sekitar 2,4 hektar dari luas area total Pulau Sikuai dan sisanya dibiarkan sebagai kawasan tropis dan pantai.

Berbicara tentang aktifitas-aktifitas apa saja yang dapat dilakukan di Pulau Sikuai, tentu saja banyak sekali yang dapat dilakukan. Mulai dari snorkeling, bermain kano, berjalan-jalan menyusuri pantai, dan menjelajahi keindahan hutan tropis Pulau Sikuai. Selain itu, disana juga disediakan track khusus untuk bersepeda dan penyewaan sepeda dengan harga yang relatif murah. Dengan air lautnya yang jernih dan bening seperti kristal, anda juga bisa menikmati keindahan dunia bawah air laut Pulau Sikuai hanya dengan melihatnya dari atas perahu. Satu hal lagi yang anda tidak boleh lewatkan adalah menikmati sunset. Dengan lokasi Pulau Sikuai yang berada di barat Pulau Sumatera, tak ada yang menghalangi pandangan ketika menikmati pemandangan matahari terbenam.

sikuai2

Untuk akses menuju Pulau Sikuai dapat dicapai dari pelabuhan Teluk Bungu, Kota Padang menggunakan speedboat atau kapal sewaan. Memakan waktu sekitar 25 menit jika menggunakan speedboat, dan 60 menit jka menggunakan kapal sewaan dengan tarif mulai dari Rp. 200.000,-. Selain itu, pengelola Pulau Sikuai menyediakan paket tour sehari yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 250.000,-, atau jika anda ingin mengabiskan malam di Pulau Sikuai selagi menikmati matahari terbenam, anda harus menyiapkan budget sekitar 600 ribu – 4 juta rupiah per malam. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: Pantai.org)