Pulau Banyak, Antara Surfing, Snorkeling, Diving, Kayaking dan Trekking

By on January 3, 2014

Kalau anda pernah membayangkan liburan di pulau pribadi, lengkap dengan deretan pohon kelapa, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pulau Banyak bisa menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan anda ala artis Hollywood. Deretan dari lebih dari 99 pulau tak berpenghuni, dengan luas wilayah secara keseluruhan sekitar 27,196 Ha. Pulau Banyak terletak di ujung barat Pulau Sumatra.

Pulau Banyak memiliki banyak keistimewaan, selain memiliki laut yang luas dan pantai-pantai pasir putihnya yang membentang dengan indahnya, keindahan alam bawah laut dan konservasi penyu hijau di Pulau Banyak juga tak kalah menarik. Apalagi ditambah dengan indahnya panorama sunset yang menjadi momen tersendiri bagi penikmat wisata pantai.

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di gugusan kepulauan Banyak, anda bisa menyelami indahnya alam bawah laut Pulau Banyak dengan diving dan snorkeling. Dengan flora dan fauna lautnya yang khas, anda tak akan menyesal menghabiskan waktu anda di Pulau Banyak. Memilki air laut yang sangat jernih, anda bisa melihat indahnya karang dan dunia bawah laut hanya dengan melihatnya dari atas perahu.

Bagi anda yang gemar berselancar, anda pelu menantang nyali anda dengan berselancar di atas ombak setinggi 6 meter. Sangat ideal bagi para peselancar yang sudah mencapai level kelas dunia. terdapat 12 titik ombak untuk selancar yang cukup panjang dan mencapai ketinggian 6 meter yang tersebar di pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi oleh peselancar adalah pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di pulau Bangkaru.

Setelah anda puas bermain air, anda bisa menjelajah indahnya hutan tropis khas Indonesia dengan berjalan kaki menyusuri hutan-hutan di salah satu gugusan kepulauan Banya, Pulau Tungku.Perjalanan dapat dimulai dari Kampong Haloban dan disepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat Kancil, Beo Nias, Tupai, Babi Hutan dan Kupu- kupu beraneka warna. Juga terdapat Goa Kelelawar dan Goa Sarang Burung Walet.

Anda juga bisa mengunjungi konverasi penyu di Pulau Bangkaru. Ada tiga jenis penyu langka yang ada disana, yaitu penyu Hijau, penyu Belimbing, dan Penyu Sisik. satu lagi, anda bisa memanjakan diri anda sambil ner-kayaking ria di atas laut sambil menikmati semilir angin laut khas Kepulauan Banyak. Jika anda hendak menghabiskan liburan terbaik anda di Kepulauan Banyak, ada baiknya jika anda berangkat pada bulan Maret hingga Agustus adalah saat terbaik untuk mengunjungi Pulau Banyak. Pada bulan ini cuaca cerah dan laut tenang dan waktu terbaik untuk  snorkeling.

Kepulauan Banyak dapat dicapai melalui Desa Pulo Saruk Aceh singkil dengan ferry selama 4 jam. Dari Kota Medan, anda bisa menumpang mobil travel dengan harga Rp. 110.000 yang akan membawa anda ke Desa Pulo Saruk menggunakan perjalanan darat selama 8 jam. Atau jika anda mau, ada penerbangan Medan-Singkil menggunakan pesawat berukuran kecil setiap hari Rabu dengan harga Rp. 140.000. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: ranselkosong.com)