Pulau Harapan, Harapan Kecil Dari Pulau Seribu

By on April 30, 2013

Salah satu pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan di kepulauan seribu adalah Pulau Harapan. Dengan jarak tempuh sekitar 3 jam menggunakan ferry dari pelabuhan Muara Angke, anda dapat menikmati tenangnya desa di tengah laut ini.

Dengan jumlah penduduk mencapai 2.200 jiwa, mata pencaharian utama penduduk pulau Harapan adalah nelayan. Beberapa berasal dari etnis Jawa, Sunda, Bugis dan lainnya yang telah lama menghuni di pulau ini.

Untuk potensi wisata, pulau Harapan menyimpan sejuta potensi yang sayang untuk tidak dibudayakan. Dengan dunia bawah air yang memukau dan perairan yang tenang, banyak kegiatan yang bisa dilakukan selagi berlibur ke Pulau Harapan, seperti snorkeling dan diving. Sarana dan prasarana di Pulau Harapan juga membaik dari tahun-tahun sebelumnya. Disini sudah tersedia penginapan, homestay, warung makan, dan tempat penyewaan snorkeling.

Selain menjadi tujuan wisata, Pulau Harapan juga menjadi salah satu wilayah konservasi Mangrove di kawasan Kepulauan Seribu. Sejak lima tahun terakhir konservasi mangrove dilakukan secara partisipatif melibatkan warga masyarakat. Saat ini hampir di setiap RT terdapat tempat pembudidayaan mangrove.

Penduduk Pulau Harapan relative sudah memiliki kesadaran tentang kebersihan. Hal ini terliahat dari adanya bak-bak penampungan sampah di sepanjang jalan di depan rumah warga. Dukungan pihak kelurahan dan pemerintah daerah soal kebersihan ini memang sudah berlangsung lama. (Hikari/inloveindonesia.com)