Pulau Kenawa, Surga Hijau di Tengah Birunya Samudra

By on April 17, 2015

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau baik itu pulau besar maupun pulau kecil. Salah satu pulau kecil yang berada di Sumbawa akan menakjubkan anda dengan panorama yang dimiliknya, Pulau Kenawa.

Kenawa adalah sebuah pulau kecil nan indah yang tidak berpenduduk di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di dekat Pelabuhan Laut Poto Tano di Pulau Sumbawa. Pulau dengan luas sekitar 13 hektar ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan dikelilingi oleh pasir putih dan padang rumput di hampir seluruh daratan pulau ini, memberikan kombinasi warna alam biru dan hijau yang sangat memukau.

Bila langit terang, maka kita bisa melihat Gunung Rinjani disebelah barat dan bila matahari terbenam, pemandangan sunset di langit dari pulau Kenawa sungguh menakjubkan. Apalagi saat malam hari, kita bisa menikmati langit penuh bintang tanpa penghalang sambil duduk di tengah padang rumput yang luas. Waktu yang sangat romantis untuk dihadiskan berdua bersama pasangan.

kenawa2 kenawa3

Pemandangan bawah laut Pulau Kenawa juga tidak kalah indahnya dengan alam di sekitar pulau ini, sehingga banyak penyelam baik dari dalam negeri dan luar negeri selalu berminat untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut secara langsung. Tapi jika kita ingin melakukan kegiatan menyelam disini, disarankan untuk membawa peralatan menyelam sendiri, karena disini tidak ada tempat penyewaan.

Pulau Kenawa dapat ditempuh dari Lombok dengan kendaraan menuju Pelabuhan Kayangan, kemudian dilanjutkan dengan penyeberangan dengan kapal feri selama kurang lebih 1-2 jam menuju Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal nelayan menuju pulau kenawa yang memakan waktu kurang lebih 25 menit.