Rasakan Kesejukkan Alami Telaga Menjer, Wonosobo

By on August 27, 2013

Obyek Wisata Telaga Menjer ini letaknya dekat dengan kawasan wisata dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateu, posisinya persis kaki pegunungan Dieng, secara administratif tercatat dalam wilayah desa Menjer, Kecamatan garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Bila anda dari pusat kota Wonosobo, anda harus menempuh jarak sekitar 12 km, sebenarnya rutenya cukup mudah, namun pusat informasi yang minim kadang mengecoh arah ke Telaga Menjer tersebut. Dari kota Wonosobo, berjalan terus saja sampai anda melewati Pasar Garug juga PLTA Garung, lalu ambil jalan jalur kiri. Sesampainya di kawasan Telaga Menjer anda akan menemui suasana asri, sunyi, khas suara alam. Warna hijau akan mendominasi pandangan mata anda, hijau dari rindangnya pepohonan, hijaunya lingkungan sekitar termasuk hijau air telaga yang bersih tenang. Telaga Menjer ini berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut, tidak heran jika wilayah telaga mempunyai udara yang sejuk segar, telaga ini memiliki kedalaman hingga hampir 50 meter serta luas 70Ha.

2532593185_a581cdffbd_zflickr

Tidak heran obyek wisata alam yang satu terbilang masih alami, kondisinya belum banyak dijaman pengunjung, mungkin kurangnya promosi sehingga otomatis mengakibatkan minimnya fasilitas bagi pengunjung. Sebelum masuk ke area telaga, anda akan dikenai biaya tiket sebesar Rp. 2000,- kemudian anda harus menyusuri anak tangga yang terbuat dari batu untuk bisa mendekati telaga. Karena nuansanya yang ndeso sekali ini, maka Telaga Menjer cocok dikunjungi oleh anda yang bosan dengan hingar bingar kehidupan kota, anda akan dibuai ketenangan saat datang kemari. Selain tentunya bisa berfoto-foto di kawasan telaga, anda bisa juga menyusuri jalan setapak sembari menikmati suasana keselurahan , anda bisa juga menyewa getek atau perahu tradisional untuk mengarungi telaga hingga ke bagian lain atau ke bagian tengah danau dengan tarif terjangkau. Daya tarik keindahan Telaga Menjer  bisa anda nikmati ketika pagi atau sore hari, khusus di pagi hari anda bisa melihat betapa misteriusnya kawasan telaga yang masih berselimut kabut, oiya buat anda yang hobi memancing tentu saja bisa menambah pengalaman berkenaan hobi anda tersebut disini karena selain difungsikan sebagai PLTA,

1984178518_01b3a06249Telaga Menjer juga merupakan tempat penangkaran atau budidaya ikan yang kerap digunakan penduduk setempat. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: flickr.com; bubblews.com)