Rawon, Sup Hitam Asli Jawa Timur

By on September 19, 2015

rawon

Jika kita main ke Jawa Timur tidak ada salahnya jika kita sekalian berwisata kuliner. Rawon atau Nasi Rawon karena biasanya selalu disajikan bersama nasi putih adalah makanan khas Jawa Timur. Menu berbahan daging sapi ini mirip sup namun dimasak menggunakan bumbu khas yang disebut Kluwek yang warnanya kehitaman.

Rawon biasanya disajikan bersama sepiring nasi putih yang kemudian dilengkapi dengan tauge, ditaburi daun bawang, bawang goreng juga sambal dan kerupuk. Penambahan makanan tersebut menambah cita rasa rawon semakin lezat dan memang rasanya kurang pas jika tidak ditemani dengan tauge, ditaburi daun bawang, bawang goreng juga sambal dan kerupuk.

Cara membuat rawon daging sapi

Daging sapi yang digunakan sebelumnya telah direbus dan dipotong-potong. Potongan rawon kemudian dimasukkan ke dalam kaldu dan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, serai, kunyit, cabe, garam, kluwek dan bumbu-bumbu pendukung lainnya. Agar rawon mengelurakan aroma yang sedap, bawang merah dan bumbu halus lainnya sebaiknya ditumis hingga harum. Pastikan semua bumbu telah ditumis hingga matang dan meresap. Untuk campuran lainnya seperti sambal, cara membuatnya cukup simple.

Cabai merah yang telah dicampurkan dengan garam, gula dan terasi di goreng agar aroma dari sambal lebih wangi, lalu kemudian dihaluskan. Setelah rawon telah matang secara sempurna, rawon siap dihidangkan. Tak lupa, tambahkan tauge mentah, telur asin dan kerupuk ke dalam hidangan rawon matang yang masih hangat, tak lupa pula bawang tambahkan bawang goreng untuk menambah cita rasa hidangan rawon Anda. Rawon siap untuk dinikmati.

Rasanya, jangan ditanya, paduan gurih dengan bumbu yang sepadan serta sambal sangat memanjakan lidah ketika disantap. Rawon lebih nikmat dinikmati dalam keadaan hangat. Kini seiring perkembangannya, menu rawon sudah banyak ditemui di daerah lain selain Jawa Timur, karena citarasanya yang pas di lidah masyarakat Indonesia inilah membuatnya semakin populer dan disukai banyak orang. it’s Yummy!!

Selain sudah tersebar di luar Jawa Timur, rawon sendiri sudah mengalami pengembangan inovasi. Rawon Setan misalnya, adalah rawon dengan tingkat kepedasan yang diatas rata-rata. bagi anda yang pecinta pedas maka rawon yang luar biasa pedasnya juga bisa dicoba. Tergantung selera.