Sate Lilit, Sate Unik Khas Bali

By on January 30, 2015

Bagi yang sudah sering bepergian ke Bali pasti sudah kenal akrab dengan salah satu makanan andalan pulau Dewata ini selain ayam betutu. Menu ini sangat mudah ditemukan di hampir seluruh tempat-tempat di Bali, seperti Denpasar, Badung, dan Gianyar.

Jika kita sekilas melihat tampilan luar sate ini, jelas sekali perbedaan antara sate lilit dengan sate-sate di Indonesia pada umumnya. Sate lilit terlihat lebih unik. Jika sate biasa berupa daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk pada sebuah tusuk sate yang kecil. Sementara sate lilit berupa gumpalan adonan daging yang disematkan pada sebatang tusuk sate yang terlihat lebih besar dari tusuk sate biasa.

sate

Sate lilit sendiri merupakan makanan berbahan dasar daging yang diolah dengan cara dilumatkan, dicampur bumbu-bumbu, dan dikepalkan pada sebatang tusuk sate besar. Setelah itu sate dibakar hingga mengeluarkan aroma yang khas dari kunyit dan serai. Kadang-kadang, penggunaan tusuk sate dari sate lilit ini sendiri diganti dengan batang serai, sehingga aroma serai lebih terasa kuat.

Untuk menikmati sate lilit ini juga berbeda dari yang lainnya. Jika kita biasa menikmati sate dengan tambahan berbagai bumbu atau samal, seperti bumbu kacang dan sambal kecap, berbeda saat kita menikmati sate lilit. Kita bisa menikmati sate ini tanpa tambahan bumbu lainnya karena bumbu yang  meresap dalam sate lilit saat pembuatannya ini sudah cukup untuk membuat anda berdecak kagum karena nikmatnya.

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam adonan sate lilit juga sangat beragam, mulai dari merah, bawang putih, serai, dan daun jeruk. Campuran berbagai bumbu tersebut menghasilkan rasa pedas, manis, dan gurih dengan sentuhan rempah yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Untuk daging yang digunakan untuk membuat sate lilit biasanya adalah ikan tuna, namun banyak juga yang membuat sate lilit dari daging ayam, sapi, dan babi.

Sate lilit biasanya disajikan bersama beberapa jenis hidangan lainnya. Hidangan yang biasa menjadi pendamping sate lilit seperti sup ikan tuna. Ditemani nasi hangat dan sambal matah yang nikmat, hidangan sate lilit akan terasa semakin lengkap dan mantap.