Selat Solo, Salad Jawa dari Solo

By on January 30, 2015

Orang-orang Indonesia memang terkenal kreatif, apalagi kalau untuk urusan mengolah makanan, dijamin orang Indonesia menjadi juaranya. Terlebih dengan berbagai kekayaan rempah dan bahan makanan yang tersedia di Indonesia. Hal ini menjadi modal utama orang Indonesia untuk menjadi semakin kreatif dalam mengolah makanan. Tak hanya mahir dalam membuat kuliner-kuliner baru, orang Indonesia juga mahir dalam mengadaptasi makanan luar yang awalnya kurang cocok dengan lidah Indonesia, hingga disulap menjadi makanan khas. Misalnya saja Selat Solo.

Ada yang kurang saat berkunjung ke Solo tanpa mencicipi selat solo. Selat solo ini mirip salad sayuran. Perporsinya ada buncis, wortel, kentang, daun selada, dan irisan bawang merah, juga tomat.  Untuk dressingnya, seat solo ini unik. Kalau biasanya menggunakan mayonese dan mustard sebagai dressingnya, kalau selat solo menggunakan kuah manis mirip kuah semur. Selain sayuran dan kuah manisnya, jangan lupa potongan daging sapi dan telur pindangnya. Untuk pelengkapnya, selat solo ini juga ditambah mayonese dan mustard lho, lengkap kan. Rasanya? Jangan ditanya, rasanya asam, manis, dan segar. Apalagi kalau dinikmati saat siang hari.

Warung selat solo yang paling terkenal di Solo ada di Warung Mbak Lies. Warung Mbak Lies terletak di Jl. Serengan Gang II No.42 Solo. Selain selat solo, beberapa menu yang bisa dinikmati disini antara lain tahu acar, gado-gado, sup manten, dan timlo. Tapi bagi yang belum sempat mampir ke Solo, coba saja cari depot makanan Solo di daerah Anda, pasti selalu ada menu andalan ini.