Serunya Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

By on September 26, 2015

Sandboarding

Saat berada di negara empat musim pastinya sudah biasa dengan snow boarding. Snowboarding adalah salah satu olahraga yang dilakukan di atas salju, mirip seperti ski, tetapi kalau snow boarding dilakukan dengan menggunakan objek seperti papan seluncur. Selain snowboarding, ada juga Sandboarding. Bedanya pada hanya pada lokasi dimana melakukan olahraga tersebut. Jika snowboarding dilakukan di atas salju, tentu saja sand boarding dilakukan di atas pasir. Sandboarding banyak dilakukan di daerah-daerah bergurun seperti di Timur Tengah.

Nah kalau di Indonesia? Tentu saja ada! Jangan pernah meremehkan keanekaragaman alam Indonesia. Meski dikenal sebagai daerah tropis dengan curah hujan tinggi, tapi ternyata Indonesia juga memiliki gurun pasir lho. Lokasinya berada di Yogyakarta, tepatnya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Gurun pasir ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Disebut gumuk pasir karena memang area ini mirip seperti gundukan-gundukan pasir. Gumuk pasir ini terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Di Dunia sendiri, fenomena gumuk pasir seperti ini hanya ada 2, di Indonesia dan Meksiko.

Serunya Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

sumber: dubiduuu.blogspot.com

Olahraga yang Memacu Adrenalin

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo ini sendiri merupakan olahraga yang dilakukan di atas pasir. Cara melakukannya sama seperti saat melakukan snowboarding. Sandboarding cukup memeras adrenalin juga karena olahraga ini membutuhkan mental yang kuat. Anda disarankan untuk tidak takut jika jatuh. karena tidak hanya jatuh tapi juga bisa jatuh terguling-guling. Anda akan meluncuru dari ketinggian 5-7 meter dan hanya menggunakan sebuah papan seluncur! Bisa dibayangkan bagaimana menyenangkannya. Jatuh dan berguling-guling di pasir tentu jadi hal yang wajar disini. Olahraga ini cukup aman bagi orang dewasa dan anak-anak, asal dengan perlengkapan safety yang lengkap seperti helm dan pelindung kaki dan tangan. Tapi bagusya anda memakai body protector agar lebih aman jika terjadi insiden seperti jatuh, sehingga bisa melindungi bagian-bagian tubuh tertentu. Ajak teman, keluarga, ataupun orang-orang terdekat anda kesini.

Nah bagaimana, sudah menemukan satu lagi wisata adrenalin di Yogya. Apalagi yang ditunggu, rasakan sensasinya sejarang juga. Visit Yogyakarta dan cobain Serunya Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo ! salam meluncur..