Soto Sokaraja, Kuliner Istimewa Dari Bumi Ngapak, Banyumas

By on November 16, 2013

Kalau anda sedang berada di Banyumas, tepatnya di Sokaraja, Jawa Tengah, jangan hanya mencicipi gethuk goreng asli Sokarajanya saja,  anda juga wajib mencicipi Soto Sokaraja. Makanan yang biasa disebut Sroto Sokaraja oleh orang asli Banyumas ini memilki tampilan yang agak berbeda dengan soto lainnya. Anda akan menemukan krupuk yang berwarna-warni sebagai pelengkap wajib saat makan soto Sokaraja. Soto dengan kuah sotonya yang berwarna kecoklatan ini akan terasa lezatnya jika di beritambahan sambal kacang.

soto2

Jika biasanya soto-soto lain di Indonesia dinikmati dengan nasi, berbeda dengan soto Sokaraja ini. Soto Sokaraja paling pas dinikmati dengan potongan ketupat. Paduan antara kuah kaldu yang gurih, kecambah, soun, taburan daun bawang dan bawang goreng plus krupuk kanji berwarna merah ceria menambah lezatnya soto ini. Untuk topping dagingnya jangan khawatir jika anda bosan dengan daging yaam. Soto sokaraja bisa dinikmati dengan daging sapi, daging ayam dan babat. Tapi memang biasanya soto sokaraja disajikan dengan irisan daging sapi yang gurih.

Jika soto Sokaraja ini sudah ada dihadapan anda, jangan lupa untuk menambahakan sambal kacang. Kurang lengkap rasanya jika menikmati soto Sokaraja tanpa tambahan sambal kacang. Kuah soto yang awalnya sudah berwana kecoklatan, akan bertambah keruh dengan tambahan sambal kacang yang creamy. Hmm…gurihnya sambal kacang berpadu dengan soto Sokaraja dan potongan ketupat, sangat cocok dinikmati pas waktu makan siang, atau ketika cuaca sedang dingin.

Untuk menikmatinya, anda tak perlu bersusah payah mencarinya. Banyumas termasuk salah satu daerah yang dilintasi oleh jalan propinsi. Jika anda pergi menuju arah timur seperti yogyakarta atau Jawa timur melewati jalur selatan, anda akan lewat Banyumas. Tidak ada salahnya untuk melepas keletihan anda selama perjalanan dengan menikmati soto Sokaraja ini. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: seashoredisco.blogspot.com; detik.com)