Soto Sulung, Si Pekat Segar dari Jawa Timur

By on March 28, 2015

Jawa Timur memang terkenal dengan berbagai kuliner yang cukup berani dalam bermain bumbu. Kuliner-kuliner khas Jawa Timuran tersebut selalu berhasil membuat para penikmatnya tidak bisa melupakan kelezatan mereka. Sebut saja rawon, rujak cingur, dan satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah soto sulung. Soto Sulung ini cukup berbeda dengan soto yang lainnya karena soto yang satu ini memiliki rasa yang mantap serta kuah kuning kentalnya yang super segarnya.

Nikmat segarnya soto sulung ini dijamin akan membuat lidah anda bergoyang. Bagaimana tidak, paduan bumbu-bumbu yang khas dengan  tambahan air kaldu daging dan ebi, sangat pas dinikmati saat waktu sarapan. Soto Sulung biasa dihidangkan dengan berbagai sajian tambahan yakni seperti otak goreng, paru goreng, perkedel, dan kerupuk. Daging yang dipilih untuk membuat soto sulung adalah daging sapi. Tapi kalau anda tidak begitu suka daging sapi, anda bisa memilih jeroan yang biasanya berisi babat, iso, dan paru sapi. Kuahnya berwarna kuning dan kental karena berasal dari kaldu hasil rebusan daging dan jeroan sapi.

Supaya tidak amis, biasanya jeroan direbus dahulu bersama dengan jahe, kapulaga, dan cengkeh hingga jeroan melembut. Ini adalah salah satu senjata utama agar Soto Sulung tidak berbau amis nantinya. Soto Sulung ini sangat nikmat disantap jika udara sedang dingin, karena akan menghangatkan tubuh dan juga tetap lezat rasanya.

Biasanya Soto Sulung bisa disajikan dengan nasi atau ketupat secara terpisah. Tak hanya membuat perut kenyang, tapi juga membuat lidah anda merasa terpuaskan. Rasanya dijamin tidak akan mengecewakan. Kalau anda tertarik membuat soto sulung ini, sudah bayak resep-resep untuk membuat soto sulung yang bisa anda dapatkan di internet dan buku resep masakan. Tips untuk membuat soto sulung adalah jangan lupa rebus dulu jeroannya seperti yang telah disebutkan diawal biar Soto Sulung olahan kamu tidak berbau amis. Agar soto sulung bertambah segar, jangan lupa beri perasan jeruk nipis sebelum disantap. Sajikan dengan sambal rebus supaya lebih nendang rasanya.

Di kota lain di Indonesia,  sudah ada banyak  yang menjual soto seperti ini. Anda bisa bertanya pada warga tempat anda tinggal, mana warung yang paling direkomendasikan untuk menikmati soto sulung. Contohnya saja di Jogja, anda bisa menikmati lezatnya soto sulung ini di parkiran selatan area Stasiun Tugu. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)