Suaka Marga Satwa Muara Angke Kapuk

By on June 13, 2014

Tak banyak yang tau kalau sebenarnya Jakarta memiliki suaka marga satwa atau kawasan hutan lindung. Hutan lindung di Jakarta biasa dijadikan  untuk kawasan konservasi, wisata dan obyek penelitan dan pendidikan. Kawasan hutan lindung yang berada di Jakarta terletak di daerah Pantai Utara seluas 7% dari luas DKI Jakarta dan 2% dari ruang terbuka hijau DKI Jakarta atau 4% dari luas daratan. Salah satu hutan lindung yang bisa anda kunjungi untuk kunjungan wisata adalah Hutan Lindung Angke Kapuk yang terletak di Suaka Marga Satwa Muara Angke.

Hutan lindung Angke Kapuk terletak sepanjang pantai panjang 5 Km dan lebar 100 m dengan luas 50.80 Ha. Beberapa fungsi hutan lindung ini adalah melindungi dari terjadinya abrasi pantai (pengikisan/erosi pantai oleh gelombang laut), mencegah adanya intrusi air laut ke daratan, sumber bahan makanan bagi ikan dan sekaligus sebagai tempat bertelur/berkembang biak ikan, mengurangi kecepatan angin daratan, sebagai habitat dan tempat mencari makanan satwa liar khususnya jenis burung.

Tapi sayang, lokasinya nyaris tak terlihat dari luar, terhalang oleh perumahan elit Kapuk. Pintu masuknya pun harus melewati jalan tanah lebih dahulu. Untuk menyisir area ini telah dibuat semacam jembatan permanen dengan lebar kurang lebih 1.2 meter.

 Vegetasi semula di hutan lindung ini adalah hutan mangrove pantai utara Jawa, dengan keanekaragaman jenis yang cukup tinggi. Akan tetapi akibat tingginya tingkat kerusakan hutan di wilayah ini, saat ini diperkirakan hanya tinggal 10% yang tertutup oleh vegetasi berpohon-pohon. Sebagian besar telah berubah menjadi rawa terbuka yang ditumbuhi rumput-rumputan, gelagah dan eceng gondok

 Untuk menuju ke sini, anda bisa menggunakan jalur busway dengan rute  koridor 9A (Pinang Ranti – Pluit), turun di Pluit Village Mall (klik disini untuk detail). Cari angkot berwarna merah nomer B 01 jurusan Grogol – Angke. Turun di pintu gerbang Pantai Indah Kapuk. tepat di ujung Jl. Muara Karang, ditandai dengan Pizza Hut dan apartemen River Side. Jalan kaki masuk ke Pantai Indah Kapuk, setelah menyeberang jembatan (sekitar 50 meter dari gerbang, di sebelah kanan Anda adalah Suaka Margasatwa Muara Angke. Ikuti jalan setapak di seberang kompleks ruko Meditarania Niaga, pintu masuk Suaka Margasatwa Muara Angke sekitar 300 meter dari jembatan disebelah kanan. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)