Tanyakan Hal-hal Ini, Sebelum Memutuskan untuk Menikah

By on August 31, 2015

menikah

Sebelum menerima pinangan atau lamaran orang lain untuk menikah, biasanya orang akan berpikir dalam terlebih dahulu sebelum menerimanya. Ya itu memang wajar aja sih karena emang menikah itu hal yang ditunggu-tunggu dan momen yang mendebarkan bagi yang mengalaminya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan sebuah pernikahan. Sebelum kita menikah, ada beberapa hal yang perlu kita tanyakan dahulu pada diri kita sendiri, sebelum kita memutuskan untuk menikah dengannya. Karena menikah itu sakral dan suci maka segala sesuatunya harus dipikirkan secara matang agar setelah menikah dapat menjalai bahtera rumah tangga sesuai yang diidamkan oleh semua pasangan.

Tanyakan hal-hal ini, sebelum memutuskan untuk menikah

Apakah Saya Mencintainya?

Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri apakah kita benar menyukainya? Apa kita benar mencintainya? Apakah nanti saya akan dapat menerimanya apa adanya, tak peduli baik buruknya? Dengarkan hatimu untuk mendapat jawabannya.

Apakah saya merasa nyaman dengannya?

Saat memulai sebuah kehidupan yang baru dengan orang lain, tentu kita selalu berharap untuk selalu bersama. Lamanya sebuah perkenalan bukan merupakan jaminan kita akan merasa nyaman dengan seseorang. ini hanya dapat dijawab oleh diri sendiri.

Apakah Ia akan menjadi ibu atau ayah baik bagi anak-anaku kelak?

tentu kamu akan menemukannya jawaban dari pertanyaan tersebut saat kamu memiliki anak kelak, namun bukan berarti kamu tidak dapat mempertanyakannya.

sumber: vemale.com

 

Bisakah saya masih menjadi diri sendiri saat bersamanya?

Berada di hadapannya dengan apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, atau kita harus selalu bersikap sempurna agar terlihat baik di matanya. Apakah masih ada hal-hal yang ditutupi saat kalian bersama?

Bisakah ia menguatkanku saat terpuruk?

Banyak yang berpendapat bahwa ketulusan orang lain akan terlihat saat kita berada dalam masalah. Akan terlihat siapa yang benar-benar berada di sisimu atau tidak saat kamu tertimpa masalah. Dengan begitu, kita akan tau apakah dia adalah orang yan tepat untuk menjadi pendamping hidup kita.

Penilaian keluarga

Saat menikah dengan seseorang, bukan hanya pasangan kita saja yang kita nikahi, akan tetapi keluarganya juga. sebelum menerima pinangan orang lain, jangan lupakan penilaian orang tua dan yang paling penting restu dari keduanya.

Apakah saya akan mampu bersama dengannya selamanya?

Untuk pertanyaan terakhir, hanya kita yang dapat menjawab dan merasakannya. Apakah kita mampu menghabiskan waktu bersamanya hingga akhir? Dengan segala kelebihan dan kekurangan, dengan segala perubahan bentuk fisik, serta perjalanan pernikahan yang tak selalu mulus serta penuh lika-liku, hanya diri kitalah yang tahu jawabannya.