Tawangmangu, Objek Wisata Lawas yang Tetap Asyik Dikunjungi

By on September 26, 2013

Objek wisata yan satu ini bisa dibilang tujuan wisata yang sudah cukup lawas, tak heran jika objek wisata Tawangmangu terkenal sampai sekarang. Kalau dari kota Solo ke Tawangmangu, kira-kira dapat ditempuh dengan waktu kira-kira 1-2jam atau sekitar 37km, jika anda memilih menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik bus misalnya dari Yogyakarta naik yang jurusan Solo, sampai di terminal Solo lanjutkan perjalanan anda menggunakan bus juurusan Tawangmangu. Akses untuk emncapai objek wisata ini pun terbilang mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Tawangmangu menawarkan pemandangan alam sejuk nan asri dengan balutan hawa sejuk dingin tapi menyegarkan, lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Lawu membuat titik pandang anda didominasi hutan pinus, persawahan juga pedesaan alami. Tawangmangu merupakan areal pegunungan yang subur serta dikelilingi hutan juga perbukitan, sudah sejak jaman kolonial Belanda tempat ini sudah menjadi tempat piknik atau tujuan wisata, dan sejak dulu yang jadi objek wisata andalan yang sampai sekarang masih memegang predikat yang sama yakni Air Terjun Grojogan Sewu yang tingginya sekitar 80 meter.

karanganyar

Tawangmangu sendiri memiliki konsep kompleks wisata, jadi selain Air Terjun Grojogan Sewu yang populer karena kesegaran airnya yang jernih, ada pula air terjun lain dengan ukuran yang variatif, pengunjung boleh mandi-mandi dan bermain di bawahnya, dikelilingi rindangnya tumbuhan yang hidup di sekelilingnya tentu saja bisa membuat rileks. Lainnya banyak hal menarik yang ditawarkan khusus pengunjung objek wisata Tawangmangu ini misalnya arena outbond, flying fox, kolam renang dewasa dan anak-anak, pemancingan, dan banyak lagi lainnya, terdapat pula fasilitas yang memudahkan para pengunjung selama disana seperti warung-warung kecil sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan. Berwisata ke daerah ini belum afdhol rasanya bila tidak mencicipi sajian khas kuliner daerah setempat yakni sate kelinci dengan tekstur dagingnya yang khas sedikit alot namun serat dagingnya lembut yang disajikan dengan irisan lontong, cabe rawit segar, bawang merah dan disiram saus kacang, sedap! Ditambah kandungan rndah kolesterol disebut-sebut bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Objek wisata tawangmangu buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 Wib,

tawangmangu4

harga tiket masuknya relatif terjangkau, berkisar Rp. 18.000,- saja, bahkan ada tarif berbeda yang berlaku bagi anda yang datang bersama rombongan. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: yogyakarta.panduanwisata.com; griyawisata.com; wisatakuliner.com)