Tempat-tempat Asyik yang Bisa Dikunjungi Saat Main di Kawasan Kaliurang

By on May 27, 2015

Kebanyakan para wisatawan hanya tau air tejun dan taman bermain saja saat berkunjung ke kawasan Kaliurang. Padahal banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Kaliurang. Inilah beberapa spot asyik di Kaliurang:

Taman Wisata Plawangan Turgo

Bagi anda yang menyukai lintas Alam, Bukit Plawangan Turgo bisa menjadi pilihan yang menarik. Sambil berjalan menikmati sejuknya udara pegnungan, anda akan disuguhkan eksotisnya hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi, gunung berapi yang berusia mencapai 40.000 tahun.

Dari tempat ini pula Anda dapat menyaksikan area atau kawasan yang pernah diterpa awan panas Merapi pada bulan November 1994 silam. Juga, Anda dapat menyaksikan kawanan monyet yang juga hidup di taman ini.

Tlogo Putri

Tlogo Putri terletak di kaki bukit Plawangan Turgo, Tlogo Putri bisa dibilang sebagai perpaduan wisata alam dan wisata air yang disukai banyak wisatawan yang datang ke Kaliurang. Anda bisa menikmati udara yang sejuk dan segar, tenang, sambil menikmati sejuknya air pegunungan. Selain bermain air, Anda juga bisa bermain flying fox atau hanya sekedar berfoto-foto dan menikmati panorama alam sekitar.

Gardu Pandang

Gardu Pandang merupakan pos pengamatan Gunung Merapi yang juga menjadi salah satu tempat menarik di Kaliurang. Di sini, Anda bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas meskipun kadang terttupi awan. Terletak di tepi kali Boyong, dari sini Anda dapat dapat menikmati pemandangan alam kawasan Kaliurang yang begitu asri.

Museum Vulkanik Merapi

Di Museum Vulkanik Merapi, anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini Anda dapat mengetahu asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi. Disini anda juga bisa melihat sisa-sisa benda yang hancur akibat hebatnya letusan merapi. Museum Vulkanik Merapi ini terletak di Jl. Boyong Harjobinangun, Kec. Pakem, Sleman.

Goa Jepang

Goa Jepang merupakan peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu menjadikan goa ini sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu serta menjadi tempat tinggal sementara mereka. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam kondisi yang orisinil.

Taman Bermain Anak-anak

Wisata Kaliurang menyuguhkan sebuah kawasan taman bermain seluas 1 hektar bagi putra-putri Anda. Di taman bermain ini, tersedia beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Taman ini memiliki tanaman yang rindang, menghadirkan keteduhan bagi setiap orang yang singgah untuk berekreasi di sana.