Terbius Misteriusnya Pesona Danau Kastoba

By on September 27, 2013

Seperti yang kita tahu, Pulau Bawean punya potensi wisata yang amat besar dengan banyak objek wisata alam menarik yang sayang bila tidak dinikmati, termasuk Danau Kastoba yang pesonanya yang misterius mampu membuat anda takjub sekaligus penasaran. Danau Kastoba cukup populer di kalangan para pelancong sebagai salah satu objek wisata pilihan Pulau Bawean, letaknya di dusun Candi, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Danau Kastoba kerap ramai dikunjungi wisatawan khususnya pada musim liburan, selain bisa berfoto-foto di kawasan Danau Kastoba sambil menikmati suasana alamnya yang asri, anda bisa juga memancing ikan Mujair yang menjadi hewan endemik disana, menurut kepercayaan penduduks etempat mandi di jernihnya air Danau Kastoba akan membuat anda awet muda. Area danau dikelilingi pepohonan hijau yang rindang lebat membuat udara di Danau Kastoba sejuk dan teduh, airnya juga bersih. Untuk bisa mencapai kawasan danau, medan yang harus anda tempuh terbilang cukup sulit, karena letaknya di dataran tinggi, jalan yang harus dilewati terbilang kecil dan berada di tebing gunung, namun semua itu akan terobati begitu sampai di titik tujuan dengan keindahan tiada duanya.

40705608

Ternyata tampilannya yang misterius itu didukung pula oleh cerita legenda berbau mistis yang mengiri keberadaanya, penduduk setempat meyakini bahwa Danau Kastoba dulunya adalah bekas kerajaan jin, legenda ini telah berkembang sejak dari jaman dahulu kala di kalangan masyarakat setempat. Ada pula cerita yang menyebutkan ada naga penunggu danau yang kerap berenang di air danaunya sehingga kerap menimbulkan pusaran air yang akan menarik sipapun yang mendekat, terlepas dari benar tidaknya isu yang berkembang tersebut kekayaan alam yang dimiliki Danau Kastoba baiknya dilestarikan. Danau yang punya karkater mirip Danau Toba di Sumatera Utara ini terbilang masih alami dan belum dipoles layaknya objek wisata pada umumnya, masih butuh perhatian pemerintah terkait supaya sarana dan prasarana pendukung atau fasilitas tersedia demi kenyamanan dan kemudahan wisatawan berkunjung. Untuk mendekat ke kawasan danau anda harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1-2 km, tak heran jika ke Danau Kastoba pasti akan jadi tujuan idaman bagi para pecinta trekking, jalan setapak di dalam hutan lebat penuh bebatuan menantang untuk ditaklukan, terkadang tanahnya licin saat diinjak khususnya saat musim hujan tiba, makanya anda harus berhati-hati. Anda akan dimanjakan pula dengan bunyi gemuruh sungai yang alirannya berhulu di Danau Kastoba.

danau-kastoba

Menurut sorang peneliti, Danau Kastoba ini tak pernah habis airnya, kedalaman danau sendiri mencapai 50 m. Meski begitu jangan salah, banyak wisatawan asing yang datang khususnya pecinta alam. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: mynameishety.wordpress.com; panoramio.com; vienavista.blogspot.com)