Tips Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorkan

By on August 31, 2015

Musim pancaroba memang dikenal sebagai musim yang membuuat orang jatuh sakit. Perubahan cuaca yang tidak menentu, dan kelembapan udara yang berubah-ubah menjadi musim yang empuk bagi virus dan bakteri berkembang biak dan menyebar dengan mudah. Karenanya, jika imun seseorang lemah, maka dipastikan ia akan mudah terserang dan sakit. Salah satu penyakit yang mudah menyebar saat musim pancaroba adalah flu. Jika flu menyerang maka segala aktifitas kita menjadi kurang nyaman. produktifitas bisa menurun. Salah satu indikator jika kita sedang di musim pancaroba maka kadang kita akan terkena sakit tenggorokan. Maka dari itu jika kita terserang sakit di tenggorokan maka lakukan hal-hal berikut ini.

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan

Flu biasanya ditandai dengan tenggorokan yang terasa tidak nyaman dan sakit. Sakit tenggorokan sangat akan menganggu terutama saat makan dan berbicara. Selain itu, sakit tenggorokan juga akan memicu bau mulut tak sedap, sehingga sesegera mungkin, sakit tenggorokan harus diatasi. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengobati sakit tenggorokan.

1. Memperbanyak minum air

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh penting dilakukan, terlebih saat kamu sedang mengalami sakit atau radang tenggorokn. Dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh, maka akan membuat membran mukus tetap lembap sehingga dapat menguatkan perlawannya terhadap bakteri atau alergen. Selain air putih, kamu juga meminum air jahe atau air jeruk nipis hangat untuk membantu pemulihanmu

2. Mengkonsumsi obat anti inflamasi

Obat anti-inflamasi non steroid seperti tablet yang mengandung ibuprrofen cukup ampuh dalam mengatasi sakit atau radang tenggorokaan. Kamu dapat menemukan tablet ibuprofen dengan mudah di apotik dan toko obat. Selain mengatasi radang, obat ini juga dapa menghilangkan rasa sakit di tenggorokan

Sakit Tenggorokan

Sumber: www.sooperboy.com

3. Mengkonsumsi antibiotik

Penyebab umum sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh bakeri Streptococcus pyogenes. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan mengkonsumsi antibiotik. Untuk lebih memastikannya, periksakanlah terlebih dahulu apa penyebab infeksi pada tenggorokanmu.

4. Istirahat cukup

Untuk mengatasi semua keluhan dalam tubuh, termasuk sakit tenggorokan, istirahat merupakan solusi terbaik. Saat tubuh tidak fit dan sakit-sakitan, itu artinya tubuh membutuhkan istrahat. Selain itu, salah satu penyebab sakit atau radang tenggorokan disebabkan oleh virus influenza, yang dimana ia dapat diatasi sendiri dengan istirahat cukup.

5. Berkumur dengan air garam

Meskipun sangat kuno, namun berkumur dengan air hangat akan lebih efekif untuk melegakan sakit tenggorokan. Garam memiliki zat antiseptik yang mampu membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya kuman dan bakteri yag dapat menyebabkan radang tenggorokan.