Tips Liburan Hemat

By on June 30, 2015

Tips Liburan Hemat

Bagi sebagian orang, berlibur merupakan hal wajib untuk dilakukan, bahkan merupakan sebuah kebutuhan. Apalagi kalau anda sudah capek dengan beban-beban pekerjaan anda sehari-hari, tentu bosan menghabiskan waktu senggang hanya di rumah saja. Jadilah liburan jadi alternatif yang pas untuk merefresh pikiran dan tubuh anda.

Bagi mereka yang memiliki budget pas-pasan untuk liburan, tentu saja harus memperhitungkan besar biaya yang akan dihabiskan saat liburan nanti agar pengeluaran tidak membludak yang nantinya malah menambah beban pikiran anda. Berikut tips-tips liburan hemat untuk mengontrol pengeluaran liburan anda.

Liburan itu gak harus boros

  1. Siapkan sejak jauh-jauh hari rencana liburan anda, dengan ini anda bisa sekalian menyisihkan uang anda setiap bulannya untuk rencana liburan anda
  2. Gunakan paket wisata. Biasanya paket wisata yang ditawarkan travel agent lebih hemat dibanding jika anda bepergian sendiri. Tapi jika anda tidak ingin menggunakan jasa travel agent, lebih baik anda mencari tahu seluk-beluk lokasi yang akan anda kunjungi, seperti akomodasi, transportasi, dan konsumsi.
  3. Untuk biaya transportasi dan akomodasi, anda bisa hunting terlebih dahulu promo-promo yang ada. Jika mau, anda bahkan bisa menumpang ditempat keluarga atau teman anda yang lokasi rumahnya dekat dengan tujuan wisata anda.
  4. Pilihlah tempat rekreasi yang memang benar-benar unik dan merupakan ciri khas kawasan wisata tersebut. Hindari untuk mengunjungi tempat yang membutuhkan biaya lebih dan kurang menarik.
  5. Untuk masalah souvenir atau oleh-oleh, biasanya toko-toko yang kurang ramai dikunjungi para turis justru menawarkan harga yang lebih murah. Bisa juga anda langsung berburu ke tempat produksinya atau mengunjungi pasar-pasar tradisional.
  6. Jangan lupa membawa perbekalan sendiri, selain bisa menghemat pengeluaran, makanan yang anda bawa sendiri tentu lebih terjaga kualitasnya.
  7. Bawa uang saku yang sesuai budget, dan catat setiap kali anda menggunakan uang anda.
  8. Pertimbangkan waktu liburan anda, biasanya saat-saat seperti low season bisa menjadi waktu terbaik dan terhemat yang bisa anda manfaatkan untuk menghabiskan liburan anda dibandingkan saat high season.
  9. Jika budget anda tidak memungkinkan anda bepergian jauh, anda bisa berlibur di sekitar daerah anda. Tentu saja banyak tempat-tempat yang tidak kalah menariknya dengan tujuan wisata idaman anda. Apalagi jika anda berlibur bersama keluarga dan sahabat-sahabat. Akan terasa jauh lebih baik jika anda berlibur seorang diri saja. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

tips liburan hemat