Tips Mengatasi Emosi yang Tiba-Tiba Meledak

By on August 31, 2015

emosi meledak

Memang menyebalkan, saat kamu sudah mengawali harimu dengan mood yang menyenangkan, tiba-tiba berubah total karea hal-hal tak terduga yang membuat kamu kesal dan ingin marah. Ada saja yang membuatmu badmood, entah dari keluarga, teman-temanmu, atau benda-benda disekitarmu. Rasanya ingin langsung melemparkan semua kekesalanmu kepada mereka. Tapi kamu hidup bersosial, tentu kamu harus menjaga emosimu. Karena jika kamu tidak bisa mengontrol emosi kamu bisa-bisa itu akan merugikan kamu sendiri. Kamu akan menerima akibat dari emosi yang meluap-luap itu.  jadi bagaimana caranya kamu mengontrol saat emosimu meledak-meledak?

Tips mengatasi emosi yang tiba-tiba meledak

Ada beberapa cara unuk mengatasi emosimu yang tiba-tiba meledak, tnpa harus bersikap anarkis dan apatis. Selain merugikan diri sendiri, orang lain akan merasa tidak nyaman dengan sikapmu yang tidak bisa mengontrol emosi. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan ketika emosimu tiba-tiba meledak.

marah

Sumber : theearthchild.co.za

Diam

Lebih baik diam dari pada bicara sesuatu yang tidak menyenangkan, memang benar ungkapan tersebut. Saat emosimu memuncak, kita berada di luar kendali diri kita. Karena itu, saat kamu meluapkan emosimu dengan kata-kata, maka yang keluar tidak akan terkontrol. Jadi, selama kamu masih memiliki kendali atas dirimu sendiri, daripada menyakitkan orang lain, lebih baik diam.

Berbicara dengan diri sendiri

Cara ini juga sangat ampuh dalam mengatasi emosi yang meleda-ledak lho. Ada memang beberapa macam orang yang harus meluapkan marahnya melalui kata-kata. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mengungkapkan kekecewaanmu tanpa perlu menyakiti orang lain.

Cuek

Memang rasanya tidak mudah, apalagi jika dilihat oleh orang lain. Kesannya seperti kita tidak peduli dengan situasi sekitar kita. Tapi lebih baik cuek daripada kita terbawa emosi yang hanya akan memperburuk suasana hati kita.

Katarsis

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda meluapkan emosinya hingga ia merasa plong. Ada yang menangis, ngedumel, menulis buku harian, mendengarkan musik keras, tidur, dan sebagainya. Intinya meluapkan apa yang kamu rasa tidak enak tanpa harus melibatkan dan menyakiti orang lain.

Melakukan Hal yang Disenangi

Melampiaskan emosimu dengan melakukan sesuatu yang kamu senangi juga obat yang manjur lho. Kalau kamu hobi main game, makan, masak, olahraga ataupun nonton film, lakukan secara total. Dengan melakukan sesuatu yang membawa energi positiv untuk dirimu, maka lama-lama emosimu akan mereda.

Curhat

Berceritalah tentang keluh kesahmu kepada mereka. Dengan berbagi cerita, akan meringankan bebanmu meski sedikit lho. Namun lebih baik, pilihlah orang yang dapat bersifat objektif, tidak mudah terbawa emosi, dan tidak ikut menghakimi, karena jika orang yang kamu ajak bercerita adalah orang yang mudah terbawa emosi, bukannya kamu semakin adem, malah emosimu semakin terbakar.