Tips Menghemat Uang Makan Sesuai Anggaran

By on August 31, 2015

belanja

Jika berkaitan dengan berbelanja makanan, pasti yang terpikir adalah bagaimana cara mendapatkan makanan yang kamu suka. Sehingga tak arang membuat lupa diri. Saat kamu pergi berbelanja, kamu pernah kaget saat kasir menyebutkan total belanjaan kamu? Bingung bukan, antara malu untuk mengembalikan barang belanjaan kamu dan anggaran kamu yang pas-pasan. Tergiur dengan makanan lezat, sayur dan buah lezat, serta snack-snack yang bikin ngiler. Terlebih jika kamu dalam keadaan lapar, bukankah sangat menyiksa bukan? Karena itu, kamu butuh beberapa tips untuk menghindari kejadian ini lagi, ini dia yang kamu bisa lakukan untuk megontrol belanjaan makanan kamu. Sehingga kamu bisa lebih berhemat dan budget menjadi lebih terkontrol. Cara ini bisa kamu lakukan tidak hanya akan membeli makanan,

kamu juga bisa menggunakan cara ini ketika kamu akan membeli barang-barang yang lainnya.

Tips Menghemat Uang Makan Sesuai Anggaran

Membuat daftar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar belanjaan. Catat apa saja yang kamu butuhkan dan perhitungkan harganya. Usahakan jangan menyimpang dari rencana awal kamu. Kalau bisa, siapkan alternatif pilihan untuk mengganti apabila yang kamu cari tidak ada.

Membawa uang seperlunya

Jangan membawa uang terlalu banyak saat kamu belanja, karena biasanya saat kamu membawa uang lebih, kamu akan cenderung tergoda untuk membelanjakannya. Cukup membawa uang pas sesuai rencana belanjaan kamu, jika memang diperlukan, cukup lebihkan beberapa saja untuk mengantisipasi harga belanjaan kamu tidak sesuai yang kau prediksi.

hemat uang

sumber: liswantipertiwi.com

Jangan berbelanja saat lapar

Saat kamu berbelanja dengan perut lapar, kamu cenderung akan membeli makanan kecil. Karena itu makan dulu sebelum kamu berbelanja. Dengan begitu kamu tidak mudah tergiur dengan makanan-makanan kecl itu karena kamu sudah merasa kenyang.

Kalau bisa, tinggalkan anak di rumah

Untuk kamu yang sudah memiliki anak, ada baiknya tidak mengajak anakmu saat berbelanja. Anak kecil cenderung merengek untuk dibelikan ini itu. Bahkan jika permintaan mereka tidak dituruti mereka akan menangis. Karena itu, agar waktu berbelanja kamu lebih efisien dan belanjaan tidak membengkak, kamu bisa pergi sendiri atau mengajak anak kamu yang lebih besar untuk membantu membawa barang belanjaan sekaligus mengajarinya berbelanja.

Jajan di restoran cepat saji

Sebisa mungkin jauhi jajan atau makan di restoran cepat saji. Kamu boleh sekali-kali melakukannya, namun batasi anggarannya, misal sebulan dua kali, dan patuhi aturang yang kamu buat sendiri. Dengan begitu, selain menghemat anggaran, kamu juga bisa mengatur keuanganmu lebih baik.