Tips Mengobati Kram Kaki Saat Malam Hari

By on August 31, 2015

kram kaki

saat kita sudah terlelap tidur tapi tiba-tiba terbangun gara-gara kram kaki memang sangat mengganggu. Selain rasa sakit yang dirasakan, kita juga akan merasa tidak nyaman saat kembali tidur. Tidur malam kita menjadi tidak berkualitas. Jika hal ini menjadi keseringna terjadi maka akan menjadi pola tidur yang kurang baik. Ada beberapa penyebab yang diketahui berpotensi menyebabkan kram kaki saat malam hari, seperti dehidrasi, cedera otot, kelelahan, maupun saat sedang hamil. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  1. Saat kram kaki menyerang, berusahalah agar tidak panik. Kondisi tubuh yang panik malah akan membuat otot semakin tegang, saat otot semakin tegang maka akan semakin sakit. Karena itu, saat kram kaki menyerang, cobalah melakukan peregangan dan memijat bagian yang kram secara perlahan. Lalu tahan beberapa detik hingga otot mengendur. Setelah rasa sakit agak reda, kamu bisa memijatnya untuk melemaskan otot yang menegang
  2. Kram otot juga disebabkan oleh terlalu banyaknya aktivitas saat siang hari, saat terjadi kram otot, kamu bisa mengompres area sekitar kram dengan ice pack, dan bukan pada bagian yang kram. Untuk mengompresnya tepat pada bagian yang terkena kram, kamu bisa mengompresnya dengan air hangat. Kamu bisa memilih salah satu, dengan ice pack atau dengan air hangat.
  3. Melakukan peregangan sementara sambil mengambil nafas yang tepat seperti saat pendinginan setelah berolahraga. Ini dapat membantu otot menyesuakia diri dan meringankan kram.
  4. Kram kaki saat malam hari biasanya terjadi pada bagian betis. Hal ini dikarenakan tertekannya otot betis saat tidur dengan posisi tidak beraturan. Kamu bisa mencoba dengan meletakan bantal pada telapak kaki saat tidur dengan posisi terlentang. Atau jika kamu tidur tengkurap, usahakan agar telapak kakimu menggantung di ujung kasur.

Kram Kaki