Juice Q-ta, Kisah sukses yang Berawal dari Kegemaran dan Skripsi

By on September 13, 2013 - Dibaca : 1,168 kali

pict-jusmaknyus

Bagi warga yang tinggal di Jogja dan sekitarnya, pasti tak asing jika mendengar nama ‘Juice Q-ta’. Bisnis kuliner minuman yang mulai merambah daerah luar Jogja ini kini mulai menampakan taringnya. Berawal dari ide seorang mahasiswa Universitas Atma Jaya bernama Doddy yang akan merancang tugas akhir skripsinya, ia ditugaskan untuk merancang sebuah bisnis. Dengan berbekal kegemarannya meminum jus buah, ia pun merancang sebuah usaha yang diberi nama ‘Juice Q-ta’ dengan slogan khasnya ‘Healthy Drink’.

Langkah pertama yang ia ambil ialah mendeskripsikan produknya, kemudian merancang pemasaran produk, dan akhirnya ia tertarik untuk membuat rancangan usahanya yang awalnya hanya sebuah tugas skripsi direalisasikan. Saat memulai bisnisnya, Doddy tengah dalam pengerjaan skripsinya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk cuti dari kuliahnya agar ia fokus pada bisnis yang ia jalani. Dengan motivasi untuk membiaya kuliah nya sendiri dan tidak ingin membebani orang tua ketika ia bersenang-senang, ia memulai usaha Juice Q-ta.

Saat awal merintis usahanya, Doddy menemukan beberapa kendala, terutama yang datang dari pegawainya. Doddy sengaja mentraining calon pegawainya untuk membuat jus dengan takaran yang pas. Namun kadang pegawainya salah dalam menentukan takaran, sehingga Doddy mengalami kerugian karena banyak buah yang tak terjual dan busuk. Doddy mulai mengakalinya dengan mengurangi pasokan buah yang ia terima dari Magelang. Hingga ketika usahanya mulai menunjukan peningkatan yang signifikan dan mendapat pelanggan tetap, ia mulai meningkatkan jumlah pasokan buahnya.

Sebelum ia menentukan lokasi tempat gerobak jusnya akan ditempatkan, ia melakukan survei terlebih dahulu, baik itu di kampus, perumahan, atau tempat dimana orang banyak berada. Menurut Doddy, penentuan lokasi adalah hal yang penting yang harus dilakukan sebelum memulai usaha. Dengan pemilihan lokasi yang strategis, maka usahanya juga akan menimbulkan banyak keuntungan.

Doddy sengaja menetapkan takaran satu buah utuh untuk satu gelas jus agar citarasa dan manfaat dari buah-buah tersebut benar-benar terasa dalam jus tersebut. Selain itu, Doddy juga memakai bahan-bahan tambahan yang berkualitas seperti gula, susu, air, dan es batu yang ia gunakan dari merk yang terjamin mutunya. Dan kini, Doddy mulai melebarkan sayap-sayap kesuksesannya ke luar daerah. (Hikari/inloveindonesia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>